comscore

[Cek Fakta] Ahli Patologi Roger Hodkinson Sebut Covid-19 Tipuan Terbesar? Ini Faktanya

M Rodhi Aulia - 26 Juni 2022 13:25 WIB
[Cek Fakta] Ahli Patologi Roger Hodkinson Sebut Covid-19 Tipuan Terbesar? Ini Faktanya
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Beredar sebuah narasi bahwa Covid-19 adalah tipuan terbesar sebagaimana disampaikan Ahli Patologi Roger Hodkinson. Narasi ini beredar di media sosial.

Adalah akun twitter @PaulAqua2 yang turut mengunggah foto tangkapan layar berisi narasi tersebut, 20 Juni 2022. Akun itu juga membuat narasi terkait hal tersebut.


"Ahli patologi mengatakan pandemi hoax terbesar yang pernah dilakukan pada umat manusia," tulis akun sebagaimana telah dialihbahasakan.


Berikut narasi lengkap pada foto tangkapan layar yang diklaim berasal dari ahli patologi:

"Pembuat tes COVID mengatakan pandemi adalah tipuan terbesar yang pernah ada

Ahli patologi Top Dr. Roger Hodkinson mengatakan kepada pejabat pemerintah Kanada di Alberta selama konferensi telepon bahwa pandemi coronavirus adalah "tipuan terbesar yang pernah dilakukan pada publik yang tidak curiga.

"Hodkinson, yang merupakan CEO dari perusahaan biotek yang membuat tes COVID, mengatakan "ada histeria publik yang sama sekali tidak berdasar yang didorong oleh media dan politisi."Kami melihat" politik Bermain obat-obatan, dan itu permainan yang sangat berbahaya."

Hasil tes positif tidak berarti infeksi klinis, katanya. Semua pengujian harus berhenti karena angka palsu yang mereka hasilkan " mendorong histeria publik."Hodkinson mengatakan risiko kematian bagi orang di bawah usia 65 adalah "satu dari tiga ratus ribu" dan "keterlaluan" untuk menutup masyarakat karena apa yang hanya "hanyalah flu buruk."



[Cek Fakta] Ahli Patologi Roger Hodkinson Sebut Covid-19 Tipuan Terbesar? Ini Faktanya


Benarkah demikian?


Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa  Covid-19 adalah tipuan terbesar sebagaimana disampaikan Ahli Patologi Roger Hodkinson, adalah salah. Faktanya, ini hoaks lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.

Narasi senada setidaknya sudah beredar pada 21 Desember 2020. Hal itu seperti dimuat situs Kominfo.go.id.

"Dilansir dari laman situs Kompas.com, klaim seputar Covid-19 yang disampaikan Dr. Roger Hodkinson tersebut adalah tidak benar. Beliau tidak pernah duduk sebagai pimpinan Royal College of Physicians and Surgeons of Canada. Klaimnya bahwa Covid-19 tidak lebih dari musim flu yang buruk keliru. 

Selain itu, klaim bahwa masker dan jaga jarak tidak berguna dibantah WHO dan penelitian ilmiah. Begitu juga, klaimnya bahwa hasil tes positif tidak berarti infeksi klinis pun disanggah pakar kesehatan.

KATEGORI: HOAKS,"
tulis situs tersebut.


[Cek Fakta] Ahli Patologi Roger Hodkinson Sebut Covid-19 Tipuan Terbesar? Ini Faktanya


Kesimpulan:
Klaim bahwa  Covid-19 adalah tipuan terbesar sebagaimana disampaikan Ahli Patologi Roger Hodkinson, adalah salah. Faktanya, ini hoaks lama yang kembali beredar di tengah masyarakat.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


[Cek Fakta] Ahli Patologi Roger Hodkinson Sebut Covid-19 Tipuan Terbesar? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://twitter.com/PaulAqua2/status/1538569476941258752
https://m.kominfo.go.id/content/detail/31645/hoaks-narasi-covid-19-dari-ahli-patologi-roger-hodkinson/0/laporan_isu_hoaks


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 

(DHI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id