[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Warga Singapura Mengantre Vaksin Buatan China? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 14 September 2021 19:56 WIB
    [Cek Fakta] Warga Singapura Mengantre Vaksin Buatan China? Ini Faktanya
    Tangkapan layar kabar bohong di media sosial. Foto: Twitter



    Beredar sebuah foto yang diklaim memperlihatkan kerumunan orang di Singapura mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 buatan Tiongkok. Foto itu beredar di media sosial. 

    Akun Twitter @XijinL membagikan foto itu pada 12 Juli 2021. Pada unggahannya, akun itu menambahkan narasi sebagai berikut:
     

    "Berita anti-epidemi: Vaksin AS juga gratis! Warga Singapura mendapatkan vaksin China dengan biaya sendiri, dan ada antrian panjang di luar klinik."


    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

     




    [Cek Fakta] Warga Singapura Mengantre Vaksin Buatan China? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkan kerumunan orang di Singapura mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 buatan Tiongkok adalah salah. Faktanya, foto itu memperlihatkan orang-orang mengantre vaksin di Filipina. 

    Singapura telah menyetujui suntikan Pfizer-BioNTech dan Moderna Covid-19 di bawah program vaksinasi nasionalnya. Meski begitu, vaksin Sinovac buatan Tiongkok juga tersedia dari penyedia swasta.

    Pada 7 September 2021, Singapura masih menunggu beberapa data yang beredar tentang vaksin Sinovac untuk mengevaluasi keamanan dan kemanjuran suntikan, menurut kementerian kesehatan Singapura.

    Pada 30 Agustus, suntikan Sinopharm buatan Tiongkok juga tersedia di Singapura, tetapi hanya di fasilitas kesehatan swasta.

    Foto yang sama telah dibagikan di samping klaim serupa di sini dan di sini di Twitter dan di sini di Weibo.

    Melalui padanan gambar, ditemukan mfoto yang sama yang diterbitkan dalam laporan media Filipina Rappler, pada 18 Mei 2021. Foto tersebut, yang dikreditkan ke Rappler, diberi judul: "LONG LINES. Residents in Manila wait in line to get inoculated with the Pfizer COVID-19 vaccine on Tuesday, May 18, 2021" atau "ANTRIAN PANJANG. Warga di Manila mengantre untuk mendapatkan vaksin Pfizer COVID-19 pada Selasa, 18 Mei 2021".


    [Cek Fakta] Warga Singapura Mengantre Vaksin Buatan China? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim pada foto yang beredar memperlihatkan kerumunan orang di Singapura mengantre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 buatan Tiongkok adalah salah. Faktanya, foto itu memperlihatkan orang-orang di Filipina.

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Warga Singapura Mengantre Vaksin Buatan China? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9M68KE-1
    https://www.rappler.com/nation/residents-queue-manila-pfizer-covid-19-vaccinations-may-18-2021


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id