[Cek Fakta] Megawati dan Prabowo Resmi Usung Ganjar sebagai Capres 2024? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 30 November 2021 13:48 WIB
    [Cek Fakta] Megawati dan Prabowo Resmi Usung Ganjar sebagai Capres 2024? Ini Faktanya
    Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial



    Beredar video yang judulnya menarasikan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024. Video ini beredar di YouTube. 

    Saluran YouTube PAKDE TV membagikan video itu pada 25 November 2021. Video itu berjudul “Berita Terkini ~ Resmi?Megawati Bersama Prabowo Akhirnya Sepakat, Ganjar Resmi Diusung 2 Partai Ini!”.

     



    Pada thumbnails video terdapat narasi sebagai berikut:
     

    “BREAKING NEWS!!! MEGA CALONKAN GANJAR ! KONFERENSI PERS DISIARKAN LANGSUNG.”



    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.


    [Cek Fakta] Megawati dan Prabowo Resmi Usung Ganjar sebagai Capres 2024? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Megawati dan Prabowo mengusung Ganjar sebagai Capres 2024 adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak sinkron.

    Video berdurasi 10 emnit dan 9 detik itu adalah hasil penggabungan beberapa video dan pembacaan beberapa berita artikel dari beberapa media. Isi video tidak ada pernyataan bahwa Megawati dan Prabowo mengusung Ganjar terkait Pilpres 2024. 

    Dilansir Turnbackhoax.id, dua video yang digabung berjudul “Pandangan Pengamat Politik Soal Pertemuan Prabowo, Puan Maharani & Megawati | Kabar Petang tvOne” dimuat Kanal YouTube tvOneNews pada 20 November 2021 dan video berjudul “Ganjar Pranowo Belum Pikirkan Pilpres 2024” yang tayang di kanal Youtube BeritaSatu pada 24 November 2021. Dari kedua video tersebut tidak ditemukan pernyataan dari Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP akan mengusung Ganjar Pranowo.

    Kemudian, artikel pertama yang dibacakan dalam video berasal dari surabaya.tribunnews.com pada 22 November 2021 berjudul "Strategi Jokowi-Luhut Buka Peluang Ganjar Capres 2024 Pasca Pertemuan Megawati, Prabowo dan Puan". Dalam artikel tersebut juga tidak ada pernyataan dari pihak Megawati maupun Prabowo Subianto terkait pengusungan Ganjar Pranowo.

    Artikel kedua berjudul “Deklarasi Dukung Ganjar Dibanding Puan, Joman Bantah Dapat Bisikan dari Jokowi” dimuat rmoljabar.id pada 24 November 2021. Artikel itu hanya membahas mengenai dukungan Relawan Jokowi Mania (Joman) kepada Ganjar Pranowo untuk maju Pilpres 2024. Tidak ada kutipan pernyataan Megawati dalam artikel tersebut.

    Artikel ketiga berasal dari politik.rmol.id berjudul “Menggebrak Sumbar, Relawan Ganjar Pranowo Klaim Diterima Masyarakat Tradisional Religius” dimuat 24 November 2021. Artikel terkahir yang dibacakan berjudul “Deklarasi GP Mania 1 Sumbar: Ganjar Disebut Pemimpin Idaman Orang Minang” dimuat jpnn.com pada 24 November 2021. Kedua artikel itu juga tidak membahas pengusungan Ganjar.


    Kesimpulan:
    Klaim pada video yang beredar bahwa Megawati dan Prabowo mengusung Ganjar sebagai Capres 2024 adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak sinkron.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


    [Cek Fakta] Megawati dan Prabowo Resmi Usung Ganjar sebagai Capres 2024? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2021/11/29/salah-video-berita-terkini-resmi%e2%9d%97megawati-bersama-prabowo-akhirnya-sepakat-ganjar-resmi-diusung-2-partai-ini/


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id