[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kabar PDIP Bubar Hoaks, Ini Cek Faktanya

    Wanda Indana - 08 September 2020 16:09 WIB
    [Cek Fakta] Kabar PDIP Bubar Hoaks, Ini Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar klaim Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bubar. Klaim itu berasal dari akun Facebook Anna Qk yang mengunggah narasi bahwa partai dengan logo Moncong Putih telah berakhir. 
     
    "PDIP bubar, kadernya akan pindah k PSI” tulis pemilik akun pada Senin, 7 September 2020. 

    Akun Anna Qk membagikan unggahan itu pada grup Facebook SUARA ASPIRASI RAKYAT yang memiliki anggota grup sebanyak 14,2 ribu. Hingga tangkapan layar dibuat unggahan tersebut sudah mendapat 24 respons dan 21 komentar dari warganet. 


    [Cek Fakta] Kabar PDIP Bubar Hoaks, Ini Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa PDI Perjuangan telah bubar adalah salah. Faktanya, PDIP masih menjalankan fungsi kepartaian dengan mengirimkan sejumlah kader untuk mengikuti Pilkada Serentak 2020.

    Dilansir Turnbackhoax.id yang merujuk situs Pdiperjuangan.id, pada artikel berjudul "Ini Daftar Lengkap Cakada PDI Perjuangan untuk 21 Daerah" diterbitkan pada Rabu, 2 September 2020, dijelaskan bahwa PDIP telah mengumumkan nama bakal Calon Kepala Daerah (CAKADA) gelombang kelima menuju Pilkada Serentak 2020 dengan 21 pasangan calon.

    "Informasi palsu. PDI Perjuangan tidak bubar seperti halnya klaim akun @AnnaQK" tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya pada Selasa, 8 September 2020.


    [Cek Fakta] Kabar PDIP Bubar Hoaks, Ini Cek Faktanya


    Dalam rapat secara virtual yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP bidang politik Puan Maharani membacakan lalu menyapa para pasangan calon tersebut.

    "Syukur alhamdulillah, PDI Perjuangan akan mengumumkan dua provinsi dan 19 kabupaten dan kota," kata Puan.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa PDI Perjuangan dibubarkan adalah salah. Faktanya, PDIP masih menjalankan fungsi kepartaian dengan mengirimkan sejumlah kader untuk mengikuti Pilkada Serentak 2020.

    Informasi ini jenis hoaks Misleading Content. Ini terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Kabar PDIP Bubar Hoaks, Ini Cek Faktanya


    Referensi:
    https://www.pdiperjuangan.id/article/category/detail/837/Berita/Ini-Daftar-Lengkap-Cakada-PDI-Perjuangan-untuk-21-Daerah
    https://archive.md/YYtwk


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id