[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Mensos Tri Rismaharini Mengundurkan Diri? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 07 Januari 2021 18:29 WIB
    [Cek Fakta] Mensos Tri Rismaharini Mengundurkan Diri? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
    Beredar sebuah video berjudul "BERITA TERBARU ~ VIRAL RISMA MUNDUR KARNA INI!!! ~NEWS TERKINI KEMENSOS BANSOS JOKOWI PDIP GIBRAN". Video beredar di youtube.

    Dalam unggahan halaman awal video tersebut terdapat narasi "Keputusan Menohok Buk Risma Pamit dari Kemensos..??? Rekaman Video Orang Tunawisma Ungkap Hal Aneh".

    Kanal youtube jagat politik membagikan video ini pada 7 Januari 2020. Video berdurasi 10 menit 48 detik itu telah ditonton 1.400 orang. 

    [Cek Fakta] Mensos Tri Rismaharini Mengundurkan Diri? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Menteri Sosial Tri Rismaharini mengundurkan diri adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid dari media arus utama terkait hal itu.

    Dalam isi video tersebut, tidak ada narasi pernyataan resmi Tri Rismaharini mengundurkan diri. Video mencatut pernyataan dari pengamat politik Rocky Gerung terkait aksi blusukan Risma bertemu dengan tunawisma di kawasan Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

    Aksi blusukan Risma menemui tunawisma di Jalan Thamrin menuai polemik. Ramai diperbincangkan di media sosial terkait latar belakang tunawisma yang ditemui Risma di kawasan yang steril dari tunawisma.

    Dilansir dari liputan6.com, Humas Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Kementerian Sosial, Fathonah menceritakan aksi blusukan yang dilakukan Risma sejak hari pertama ia menjabat, 28 Desember 2020 lalu. Fathonah mengungkapkan, setiap pagi sebelum berangkat kerja, Risma selalu menemui para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di sekitar rumah dinasnya di kawasan Jakarta Pusat.

    Dua orang tunawisma yang ditemui oleh Mensos Risma pada 4 Januari lalu adalah seorang kakek bernama Kastubi dan anak muda bernama Muhammad Faisal. Kastubi saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di Balai Rehsos Bekasi karena hasil rapid test-nya reaktif.

    "Pak Kastubi reaktif jadi sekarang lagi isolasi mandiri di Balai. Kalau M. Faisal, sudah mengikuti pelatihan pembuatan kompos dan daur ulang sampah di Balai," ujarnya.

    Pemprov DKI pun meminta Dinas Sosial DKI mengecek identitas tunawisma yang ditemui Risma di Jalan Thamrin. Kemensos mempersilakan Pemprov DKI mengecek tunawisma yang ditemui Mensos.

    [Cek Fakta] Mensos Tri Rismaharini Mengundurkan Diri? Ini Faktanya

    Belakangan salah satu sosok gelandangan yang ditemui Risma bernama Nursaman. Dilansir cnnindonesia.com, Nursaman merupakan sosok yang disebut tunawisma dalam rilis Kementerian Sosial. Ia mengakui dirinya didatangi Menteri Sosial Tri Rismaharini.

    Dalam rilis resmi Kemensos, tak ada tunawisma bernama Nursaman yang ditemui Risma. Saat itu, Risma menemui gelandangan bernama Faisal, Kastubi, dan Fitri.

    Nursaman menegaskan bahwa namanya bukanlah Kastubi. Dalam foto Kemensos, sosok yang disebut Kastubi mirip dengan Nursaman.

    Namun, Nursaman tak menjawab banyak saat ditanya soal pertemuannya dengan Risma pada Senin lalu. Nursaman hanya mengatakan dirinya menolak dibawa ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis "Pangudi Luhur", Bekasi.

    [Cek Fakta] Mensos Tri Rismaharini Mengundurkan Diri? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Menteri Sosial Tri Rismaharini mengundurkan diri adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid dari media arus utama terkait hal itu.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Mensos Tri Rismaharini Mengundurkan Diri? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.liputan6.com/news/read/4450844/ini-penjelasan-kemensos-terkait-sosok-pengemis-yang-ditemui-risma
    2.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210107132217-20-590669/nursaman-gelandangan-yang-mengaku-ditemui-risma-di-thamrin


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id