comscore

[Cek Fakta] Beredar Foto Menko Luhut Kenakan Baju Lebaran Khusus ASN? Begini Faktanya

Wanda Indana - 30 April 2022 13:53 WIB
[Cek Fakta] Beredar Foto Menko Luhut Kenakan Baju Lebaran Khusus ASN? Begini Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Beredar sebuah gambar yang memperlihatkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diklaim mengenakan baju lebaran ASN. Foto itu beredar di media sosial.

Akun Facebook Indah Hasya S membagikan foto itu pada Sabtu, 16 April 2022. Pada unggahan gambarnya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:
 

"Baju Lebaran ASN ...Wuihh..


#SegalaMerkMigor"


Benarkah foto tersebut? Berikut cek faktanya,


[Cek Fakta] Beredar Foto Menko Luhut Kenakan Baju Lebaran Khusus ASN? Begini Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada gambar yang beredar memperlihatkan Menko Marves Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng adalah salah. Faktanya, gambar tersebut hasil suntingan. 

Melalui reverse image, foto identik dimuat sindonews.com pada artikel berjudul "Pengamat Sebut Klaim Big Data Luhut sebagai Manipulasi Informasi" pada 14 Maret 2022. Pada artikel itu Luhut mengenakan kemeja putih polos tidak ada gambar berbagai kemasan minyak goreng.

Pada artikel itu juga tidak membahas baju khusus ASN. Melainkan membahas opini Direktur Eksekutif IndoStrategic Ahmad Khoirul Umam yang menuding data 110 juta orang yang diklaim Luhut menyetujui pemilu ditunda atau masa jabatan presiden diperpanjang, adaalah manipulatif.

"Yang disampaikan Pak Luhut itu jelas manipulasi informasi. Big data 110 juta orang tidak merepresentasikan apapun. Dibuka saja datanya," kata Ahmad.


[Cek Fakta] Beredar Foto Menko Luhut Kenakan Baju Lebaran Khusus ASN? Begini Faktanya



Kesimpulan:
Klaim pada gambar yang beredar memperlihatkan Menko Marves Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng adalah salah. Faktanya, gambar tersebut hasil suntingan.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


[Cek Fakta] Beredar Foto Menko Luhut Kenakan Baju Lebaran Khusus ASN? Begini Faktanya


Referensi:
https://nasional.sindonews.com/read/711835/12/pengamat-sebut-klaim-big-data-luhut-sebagai-manipulasi-informasi-1647212597


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.

Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta


 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id