[Cek Fakta] Seorang Yahudi Hidup Lagi Setelah Menjalani Siksa Kubur? Ini Faktanya

    Sobih AW Adnan - 18 Oktober 2019 21:55 WIB
    [Cek Fakta] Seorang Yahudi Hidup Lagi Setelah Menjalani Siksa Kubur? Ini Faktanya
    Tangkapan layar hoaks seorang Yahudi akui adanya siksa kubur/Medcom.id
    Akun Faceook Safira NurAlip membagikan tangkapan layar dan video dari grup percakapan Whatsapp yang memuat narasi pengakuan seorang Yahudi tentang adanya siksa kubur. Video berdurasi 00:23 detik itu memuat gambar seseorang dengan kulit di bagian wajah dan tubuh yang terkelupas mirip luka bakar.

    Dalam unggahan tersebut dituliskan, "Dpt dr group wa... Semoga boleh jd iktibar untuk kita yg masih hidup...
    InsyaAllah.. ????????"

    Sementara pada tangkapan layar dalam postingan tersebut tertulis:

    Seorang Yahudi sudah 2 tahun mati dan terdengar teriak-teriak ketika didalam kubur ktika dibongkar rupanya hidup kembali" ternyata memang siksa kubur ada"

    Rupanya ini yg membuat orang2 Jerman ber bondong2 masuk islam...Alexander ini disiksa didalam kubur..Menjerit jerit..setelah digali ternyata Masih hidup dan dia pun menceritakan yg sebenarnya itu terjadi.

    Biarpun beberapa suratkhabar terkemuka Eropah pada bulan Jun 2019 cuba menutup berita ini  dan menuduh sebagai palsu namun video ini membuka mata orang yg mencari kebenaran bahawa ada azab Allah swt selepas mati.
    Tiada siapa dpt menghubungkan punca luka2 di badannya yg berlekat2 tanah dan  tubuhnya yg berlubang2


    [Cek Fakta] Seorang Yahudi Hidup Lagi Setelah Menjalani Siksa Kubur? Ini Faktanya


    Hingga kini, tangkapan layar dan video yang dibagikan pada 15 Oktober 2019 itu sudah mendapatkan 135 reaksi, 77 komentar, dan 362 kali dibagikan ulang. 

    Penelusuran:

    Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, konten ini telah berulang kali dijadikan bahan hoaks bertema siksa kubur. Sebelumnya, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (Mafindo) melalui situs turnbackhoax.id telah mengklarifikasi konten hoaks serupa dengan judul "[SALAH] “Lolongan Histeris Siksa KUBUR Alexander" yang diunggah pada Juli 2019 lalu.

    Di luar negeri, video tersebut juga pernah menggegerkan warganet karena dinarasikan sebagai kondisi korban atas serangan beruang yang terjadi di Siberia. Belakangan, dikonfirmasi bahwa kerusakan kulit di sekujur tubuh pria tersebut diakibatkan sebuah penyakit tertentu.

    Dalam artikel berjudul "Mauled by a bear? Viral story in Russia is fake," The Observers menulis, klip berdurasi 30 detik menunjukkan seorang lelaki kurus berjanggut berbaring di atas brankar dengan tampilan dipenuhi bercak dan luka di sekujur tubuhnya. Dia menjawab pertanyaan dalam bahasa Rusia dan mengatakan bahwa namanya adalah Alexander.

    Kantor berita di Rusia dan di seluruh dunia melaporkan bahwa lelaki itu telah difilmkan setelah selamat dari serangan beruang di Siberia selatan. Namun, sebuah rumah sakit di Kazakhstan, lebih dari 2.500 kilometer jauhnya, mengatakan pria itu adalah seorang pasien di fasilitas mereka yang tengah dirawat karena penyakit kulit."

    [Cek Fakta] Seorang Yahudi Hidup Lagi Setelah Menjalani Siksa Kubur? Ini Faktanya

    Sementara itu, situs dailymail.co.uk dalam berita bertajuk "Revealed: Doctor says Russian man 'in bear attack' was actually Kazakhstani suffering from severe psoriasis" menuliskan, luka di sekujur tubuh pria itu muncul karena mengidap psoriasis, yakni peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas.

    [Cek Fakta] Seorang Yahudi Hidup Lagi Setelah Menjalani Siksa Kubur? Ini Faktanya 

    Kesimpulan: 

    Tangkapan layar dan video bernarasi "seorang yahudi hidup lagi setelah menjalani siksa kubur" yang disebar akun Faceook Safira NurAlip adalah hoaks. Luka dan bercak di sekujur tubuh pria pada video tersebut disebabkan penyakit tertentu.

    Referensi:

    - https://turnbackhoax.id/2019/07/12/salah-lolongan-histeris-siksa-kubur-alexander/?fbclid=IwAR3-lRmNkl6qPM2DoD0VMEbYgy8CKgpNoom-UBZY_n2eeGNbIZrOAyAg3hA 

    - https://translate.google.com/translate?hl=&sl=en&tl=id&u=https%3A%2F%2Fobservers.france24.com%2Fen%2F20190702-mauled-bear-viral-story-russia-fake&anno=2 

    - https://www.dailymail.co.uk/news/article-7182785/Man-looking-like-mummy-rescued-spending-MONTH-bear-den-Russia.html 

    - https://id.wikipedia.org/wiki/Psoriasis

    Sumber:

    - https://www.facebook.com/safira.nuralip/posts/423489521881246 



    (SBH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id