[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kabar-Kabar Bohong Pekan Ini

    M Rodhi Aulia, Wanda Indana, Whisnu Mardiansyah - 21 Juni 2020 10:44 WIB
    [Cek Fakta] Kabar-Kabar Bohong Pekan Ini
    Tangkapan layar kanal Cek Fakta Medcom.id
    Kabar palsu alias hoaks masih merajalela. Bahkan bisa menembus ruang-ruang. Sekalipun itu ruang beton yang super rahasia dan terbatas. Kerap tanpa disadari sampai dengan sendirinya di hadapan kita.
     
    Kabar itu bisa saja hadir dengan wujud baru. Atau modifikasi cerita lama yang pernah dibantah, juga pemaksaan hubungan yang sebenarnya satu sama lain, jalan sendiri-sendiri.
     
    Sekuat apapun kita, nyaris tidak bisa menolak kehadirannya yang misterius dan dadakan itu. Tapi kita bisa mengendalikannya. Kita benar-benar bisa.
     
    Antara lain melalui kanal Cek Fakta Medcom.id, Anda bisa mengetahuinya mana yang hoaks dan mana yang tidak hoaks. Berikut rangkuman tujuh kabar hoaks dari sejumlah kabar hoaks lainnya dalam sepekan terakhir periode 14-21 Juni 2020:
     

    1. [Cek Fakta] Rocky Gerung Dilarang Tampil di TV? Ini Faktanya

    Klaim bahwa dosen filsafat Rocky Gerung dilarang tampil di stasiun TV, adalah salah. Faktanya, Rocky masih tampil di salah satu stasiun TV yang ia akui dilarang.


    2. [Cek Fakta] Lagu Indonesia Mengiringi Demonstrasi Black Lives Matter di Amerika Serikat? Ini Faktanya

    Klaim pada video bahwa lagu Indonesia mengiringi tarian para demonstran Black Lives Matter adalah salah. Faktanya, para demonstran menari bukan menggunakan lagu Indonesia melainkan lagu berjudul Cupid Shuffle.


    3. [Cek Fakta] Jembatan di Kota Wuhan Tiongkok Runtuh? Ini Faktanya

    Klaim bahwa jembatan di Kota Wuhan runtuh adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah insiden jatuhnya crane proyek pembangunan di Kota Wuhan Tiongkok.


    4. [Cek Fakta] Jaksa Kasus Novel Baswedan Fedrik Adhar Akhirnya Dipanggil KPK? Ini Faktanya

    Klaim bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan, Fedrik Adhar dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.


    5. [Cek Fakta] Viral Diagnonis CVD Disangka Covid-19, Ini Faktanya

    Klaim bahwa CVD akronim dari covid-19 adalah salah. CVD merupakan akronim dari penyakit Cardiovascular Disease atau Penyakit Kardiovaskular. Pula, klaim pihak rumah sakit sembarang memvonis kematian pasien dengan diagnosis covid-19 menjadi tidak relevan.


    6. [Cek Fakta] Berbeda, Jemaah Haji Asal Aceh Tetap Berangkat Haji Tahun Ini? Cek Faktanya

    Klaim bahwa jemaah haji asal Aceh tetap bisa berangkat ibadah haji tahun ini adalah salah. Isi artikel yang menjadi rujukan akun Facebook Abdurachman Rockmansrikity sama sekali tidak menyinggung jemaah Aceh dapat berangkat ibadah haji tahun ini.
     


    7. [Cek Fakta] Amien Rais Sebut Jokowi Sosok Terbaik Selamanya Buat Indonesia? Ini Faktanya

    Klaim bahwa Amien Rais menyebut Presiden Jokowi merupakan sosok terbaik saat ini dan selamanya buat Republik Indonesia (RI), adalah salah. Faktanya, tangkapan layar itu merupakan editan.


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

     



    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id