[Cek Fakta] TNI Bentangkan Spanduk Menyambut Acara Reuni 212

    Wanda Indana - 03 Desember 2019 08:37 WIB
    [Cek Fakta] TNI Bentangkan Spanduk Menyambut Acara Reuni 212
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
    Beredar di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan spanduk bertuliskan "SILAKAN SARAPAN GRATIS SAUDARAKU, CUKUP BAYAR DENGAN ALHAMDULILLAH" disertai dengan logo TNI. Foto itu diklaim sebagai spanduk yang dibentangkan untuk menyambut reuni 212 pada 2 Desember 2019.

    Akun Facebook Ramzy Art mengunggah foto tersebut pada Minggu, 1 Desember 2019. Hingga saat ini, unggahan foto tersebut mendapat 609 reaksi dari warganet, 68 komentar, dan 203 kali dibagikan. Pemilik akun juga menambahkan keterangan bertuliskan:

    Terpampang jlas respek spanduk TNI menyambut hangat untuk para peserta aksi milad 212 besok hari senin di monas.bkan sekedar respek ucapan spanduk aja kawan tapi ada yg luarbiasa para TNI menyiapkan mkanan juga untuk para peserta 212 besok. Trlihat jls aura wajah mereka sangat bahagia ketika saya brjumpa para tni tdi sore..dan akupun tdak segan segan sdikit brcanda sambil bersalaman rasa nyaman pun saya merasakan.
    sumpah ak terharu melihat respon para anggota TNI

    Smoga atas peduli empatimu menjadi amal ibadah dan berkah wahai TNI ku .dan smoga atas adanya 212 ini mnjalin silaturahmi yg kuat brsama rakyat mnuju masadpan para generasi muda yg akan datang untuk mnjaga alam NKRI ini

    TNI MANTAP JIWA.we are with you guys



    [Cek Fakta] TNI Bentangkan Spanduk Menyambut Acara Reuni 212


    Penelusuran:
    Setelah dilakukan penelusuran, foto spanduk tersebut adalah foto lama yang diambil pada Rabu, 30 November 2016. Melalui teknik reverse image, foto identik pernah dimuat di Republika melalui artikel berjudul "Ber-Password 'Alhamdulillah', Peserta Nusantara Bersatu Sarapan Gratis".

    Pula, Tribunnews mengunggah foto serupa lewat artikel yang dimuat dengan judul "Silakan Sarapan Gratis di Lapangan Silang Monas, Cukup Bayar Dengan Alhamdulillah".

    Faktanya, foto tersebut diambil pada acara Aksi Nusantara Bersatu yang digelar di Lapangan Monas pada Rabu 30 November 2016. Aksi tersebut diinisiasi oleh TNI ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, baik tokoh pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Pada acara itu berbagai menu sarapan dijajakan bagi setiap peserta Apel Nusantara Bersatu secara gratis.


    [Cek Fakta] TNI Bentangkan Spanduk Menyambut Acara Reuni 212


    [Cek Fakta] TNI Bentangkan Spanduk Menyambut Acara Reuni 212



    Kesimpulan:

    Klaim yang menyebut TNI membentangkan spanduk untuk menyambut acara Reuni 212 pada 2 Desember 2019 adalah hoaks.

    Berita hoaks di atas masuk dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    Referensi:
    https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/11/30/ohfkdd354-berpassword-alhamdulillah-peserta-nusantara-bersatu-sarapan-gratis
    https://www.tribunnews.com/metropolitan/2016/11/30/silakan-sarapan-gratis-di-lapangan-silang-monas-cukup-bayar-dengan-alhamdulillah


    Sumber:
    https://web.facebook.com/photo.php?fbid=179328920128894&set=a.125431105518676&type=3&theater


     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id