[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Christian Eriksen Terkena Serangan Jantung Setelah Divaksin? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 18 Juni 2021 11:37 WIB
    [Cek Fakta] Christian Eriksen Terkena Serangan Jantung Setelah Divaksin? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Twitter



    Beredar sebuah informasi yang menyebutkan pesepakbola asal Denmark Cristian Eriksen yang terjatuh di lapangan terkena serangan jantung. Beberapa hari sebelumnya, Eriksen disebutkan menerima vaksin Covid-19.

    Akun twitter @ya_yo2 memberikan informasi ini. Berikut cuitannya yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.
     

    "Christian Eriksen, seorang pesepakbola yang sehat dan bermain untuk salah satu klub sepakbola terbaik di dunia dengan tim medis terbaik, terjatuh di lapangan hari ini karena serangan jantung. Syukurlah mereka dapat menyelamatkan nyawanya. Ia baru saja disuntik vaksin Pfizer beberapa hari yang lalu"


    [Cek Fakta] Christian Eriksen Terkena Serangan Jantung Setelah Divaksin? Ini Faktanya

     



    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Eriksen terkena serangan jantung setelah divaksin adalah salah. Faktanya, Eriksen belum menerima vaksin Covid-19.

    Dilansir reuters.com, Direktur Inter Milan Giuseppe Marotta menepis informasi bahwa gelandang klub Christian Eriksen, yang pingsan pada pertandingan pembuka Piala Eropa 2020 Denmark melawan Finlandia pada Sabtu, sebelumnya telah tertular Covid-19. Dokter klub mengatakan dia tidak menunjukkan tanda-tanda masalah kesehatan sebelumnya.

    Eriksen, 29, pingsan pada menit ke-42 pertandingan di dekat garis lapangan setelah lemparan ke dalam Denmark dan diberi perawatan pijat jantung yang menyelamatkan nyawa di lapangan, dengan ofisial kemudian mengatakan pemain itu stabil dan terjaga di rumah sakit. Baca selengkapnya

    “Dalam beberapa hari ke depan, dia akan menjalani pemeriksaan menyeluruh. Yang paling penting adalah dia baik-baik saja," kata dokter tim Inter Piero Volpi kepada Gazzetta dello Sport.

    “Tapi tidak pernah ada episode yang mengisyaratkan masalah, baik saat dia di Tottenham maupun di Inter. Di Italia pemeriksaannya sangat ketat.”

    [Cek Fakta] Christian Eriksen Terkena Serangan Jantung Setelah Divaksin? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Eriksen terkena serangan jantung setelah divaksin adalah salah. Faktanya, Eriksen belum menerima vaksin Covid-19.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Christian Eriksen Terkena Serangan Jantung Setelah Divaksin? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.reuters.com/lifestyle/sports/eriksens-former-cardiologist-says-he-had-no-history-heart-concerns-2021-06-13/?
    2.https://archive.is/TDgTo


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id