[Cek Fakta] Benarkah Tidak Ada TV yang Memberitakan Genangan Air di Sirkuit Mandalika? Begini Faktanya

    Wanda Indana - 25 November 2021 17:23 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Tidak Ada TV yang Memberitakan Genangan Air di Sirkuit Mandalika? Begini Faktanya
    Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial



    Beredar video amatir di media sosial yang memperlihatkan suasana Sirkuit Mandalika tergenang air ketika hujan. Disebutkan, tidak ada media televisi yang memberitakan peristiwa itu. 

    Akun Facebook Darsono New Norista membagikan video itu pada Senin, 22 November November 2021. Pada unggahannya, akun ini menambahkan narasi sebagai berikut:
     

    "Proyek terbaru sirkuit MANDALIKAcocoknya dibuat tanam padi,ternak kodok biar banyak kecebongnya....."


    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

     




    [Cek Fakta] Benarkah Tidak Ada TV yang Memberitakan Genangan Air di Sirkuit Mandalika? Begini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa tidak ada media televisi yang memberitakan genangan air di Sirkuit Mandalika adalah salah. Faktanya, sejumlah media televisi memberitakan hujan yang menyebabkan area Sirkuit Mandalika tergenang.

    Saluran televusi TV ONE melalui kanal YouTubenya memberitakan hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika lewat video berjudul "Bocor! Banjir Sirkuit Mandalika Masuk ke Paddock Tim WSBK I TVONE MINUTE" dimuat 21 November 2021. 

    Kabar ditundanya balapan race 1 ajang World Superbike karena hujan yang mengguyur area Sirkuit Mandalika juga diwartakan GTV lewat video berjudul "Diguyur Hujan Deras, Race 1 WSBK di Mandalika Ditunda #BIP 21/11". Video itu diunggah kanal resmi YouTube pada 21 November 2021.

    Metro TV juga membagikan video berjudul "Hujan Badai di Mandalika, Race 1 WSBK Ditunda", video itu terkait kabar Sirkuit Mandalika yang tergenang akibat hujan deras hingga memaksa race 1 balapan WSBK diundur. 

    "Start balapan pertama World Superbike (WSBK) di sirkuit internasional Mandalika mengalami penundaan akibat hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur trek. Air pun sempat menggenang di sirkuit dan pit lane." caption pada video. 

    Pula, Kompas TV juga menyampaikan berita serupa lewat video berjudul "Hujan Deras Akibatkan Area Sekitar Sirkuit Mandalika Tergenang Air".


    Kesimpulan:
    Klaim pada video yang beredar bahwa tidak ada media televisi yang memberitakan genangan air di Sirkuit Mandalika adalah salah. Faktanya, sejumlah media televisi memberitakan hujan yang menyebabkan area Sirkuit Mandalika tergenang.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Benarkah Tidak Ada TV yang Memberitakan Genangan Air di Sirkuit Mandalika? Begini Faktanya


    Referensi:
    https://m.medcom.id/play/kM6CQdwL-hujan-badai-di-mandalika-race-1-wsbk-ditunda
    https://www.youtube.com/watch?v=42ErDB6tg1M
    https://www.youtube.com/watch?v=aCU8pNiT57Q
    https://www.kompas.tv/article/234011/hujan-deras-akibatkan-area-sekitar-sirkuit-mandalika-tergenang-air


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id