[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Denda Rp300 Ribu Bagi Pengendara Tak Memakai Masker di Semarang? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 13 Mei 2020 21:33 WIB
    [Cek Fakta] Denda Rp300 Ribu Bagi Pengendara Tak Memakai Masker di Semarang? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar informasi terkait adanya operasi masker yang dilakukan oleh tim gabungan TNI-Polri di sepanjang Jalan Mataram, Dr. Cipto dan jalan besar lainnya di Semarang, Jawa Tengah. Disebutkan, bagi pengendara yang tidak menggunakan masker akan didenda sebesar Rp300 ribu.

    Informasi itu menyebar melalui pesan berantai WhatsApp dan media sosial. Akun Facebook Agus turut membagikan informasi itu pada Selasa, 12 Mei 2020. Berikut narasi yang beredar:

    "PERHATIAN....
    Sepanjang jl. Mataram
    Dr. Cipto & Jalan Besar Lain nya .
    Hari ini Ada Operasi
    "MASKER"
    Bagi Siapa Tidak Gunakan MASKER Kena DENDA Rp.300.000,-
    Operasi Tersebut Gabungan PM & POLISI
    Mohon Gunakan MASKER ."



    [Cek Fakta] Denda Rp300 Ribu Bagi Pengendara Tak Memakai Masker di Semarang? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa adanya denda sebesar Rp300 ribu bagi pengendara yang tak pakai masker adalah salah. Pihak kepolisian menegaskan informasi yang beredar tersebut hoaks.

    Dilansir Tribunbanyumas.com, Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi menyatakan di Kota Semarang tidak ada penerapan sanksi denda Rp 300 ribu bagi pengendara yang tidak menggunakan masker saat berkendara.

    "Tidak benar infonya soal denda. Kalau operasi masker memang ada di beberapa pospam. Tapi, sifatnya imbauan persuasif. Tidak sampai ada denda," kata AKBP Ardi kepada Tribunbanyumas.com, Selasa 12 Mei 2020.

    Sejauh ini, kata dia, pengecekan penggunaan masker bagi pengendara juga dilakukan di sejumlah akses perbatasan masuk Kota Semarang. Menurut dia, hal itu dilakukan guna mendukung program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) oleh Pemkot Semarang

    "Ke Semarang memang wajib menggunakan masker. Namun, jika tidak menggunakan, tidak sampai didenda. Justru, yang tidak menggunakan, kami beri masker," jelasnya.

    Dihubungi terpisah, Kapolsek Semarang Timur Iptu Budi Antoro berkata, sejauh ini tidak ada operasi masker oleh tim gabungan di sepanjang Jalan Dr Cipto.

    "Tidak ada pengecekan di sepanjang Jalan Dr Cipto sejauh ini. Jadi, jelas tidak ada operasi. Apalagi denda. Itu hoaks infonya," terangnya.


    [Cek Fakta] Denda Rp300 Ribu Bagi Pengendara Tak Memakai Masker di Semarang? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa adanya denda sebesar Rp300 ribu bagi pengendara yang tak pakai masker adalah salah. Pihak kepolosian menegaskan informasi yang beredar tersebut hoaks.

    Informasi tersebut masuk dalam aktegori hoaks jenis Fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.
     

    Referensi:
    https://banyumas.tribunnews.com/2020/05/12/hoaks-pesan-berantai-denda-rp-300-ribu-bagi-pengendara-tak-gunakan-masker-di-semarang?page=2 


    *Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
     
     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id