[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Prabowo Minta Pemerintah Kembalikan Uang FPI? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 05 Januari 2021 11:58 WIB
    [Cek Fakta] Prabowo Minta Pemerintah Kembalikan Uang FPI? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube
    Beredar sebuah video berjudul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta pemerintah mengembalikan uang Front Pembela Islam (FPI) yang dibekukan pemerintah. Video beredar youtube.

    Kanal youtube C&N Channel mengunggah video ini pada 3 Januari 2020. Video berjudul MENGEJUTKAN! BERITA HARI INI, PRABOWO, KEMBALIKAN UANG FPI, BEBASKAN HABIB RIZIEQ, HRS" telah ditonton 1 juta penonton lebih.

    [Cek Fakta] Prabowo Minta Pemerintah Kembalikan Uang FPI? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Prabowo meminta pemerintah mengembalikan uang FPI adalah salah. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi dari Prabowo terkait pembekuan rekening FPI.

    Dalam video berdurasi 13 menit 35 detik itu tidak ada narasi pernyataan dari Prabowo Subianto. Video tersebut hanya mencatut nama Prabowo dalam judulnya.

    Dilansir viva.co.id, pemerintah telah mengumumkan FPI dibubarkan sehingga segala aktivitas kegiatan dan simbol atribut tersebut dilarang mulai Rabu, 30 Desember 2020. Kini, rekening milik FPI dibekukan.

    Wakil Sekretaris Umum FPI, Azis Yanuar, mengatakan, rekening bank atas nama FPI telah dibekukan setelah dibubarkan oleh pemerintah. Menurut dia, dalam rekening tersebut ada uang puluhan juta rupiah.

    “Iya [dibekukan rekening atas nama FPI], jumlahnya satu [rekening]. Cuma puluhan juta digarong juga,” kata Azis dilansir viva.co.id.

    [Cek Fakta] Prabowo Minta Pemerintah Kembalikan Uang FPI? Ini Faktanya

    Menanggapi hal itu, dilansir merdeka.com Kabag Penum Div Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, pembekuan rekening tersebut bukan merupakan kewenangan Polri.

    "Jadi begini ya, terkait hal tersebut bukan kewenangan Polri untuk membekukan itu," kata Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 4 Januari 2020.

    Ahmad pun mengaku, belum mendapatkan terkait adanya informasi soal dibekukannya rekening milik FPI yang di dalamnya terdapat puluhan juta rupiah.

    "Jadi itu belum ada informasi terkait dengan hal tersebut," ujarnya.

    [Cek Fakta] Prabowo Minta Pemerintah Kembalikan Uang FPI? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Prabowo meminta pemerintah mengembalikan uang FPI adalah salah. Faktanya, tidak ada pernyataan resmi dari Prabowo terkait pembekuan rekening FPI.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Prabowo Minta Pemerintah Kembalikan Uang FPI? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.viva.co.id/berita/nasional/1336663-terungkap-jumlah-saldo-di-rekening-fpi
    2.https://www.merdeka.com/peristiwa/polri-merasa-tak-bekukan-rekening-fpi.html#:~:text=Merdeka.com%20%2D%20Rekening%20milik%20Front,sejak%2030%20Desember%202020%20lalu.


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id