[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Bisa Memperbesar Alat Kelamin Pria? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 07 Januari 2021 12:45 WIB
    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Bisa Memperbesar Alat Kelamin Pria? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah narasi yang menyebutkan vaksin covid-19 Sinovac buatan Tiongkok bisa memperpanjang alat kelamin pria. Narasi ini beredar dalam sebuah jurnal terbitan Inggris.

    Narasi ini beredar lewat pesan berantai. Dalam narasinya menyebutkan salah seorang pria yang telah disuntikan vaksin Sinovac alat kelaminnnya memanjang tiga inci.

    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Bisa Memperbesar Alat Kelamin Pria? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim vaksin Sinovac bisa memperpanjang alat kelamin pria adalah salah. Faktanya, informasi tersebut hasil suntingan berita siaran televisi.

    Dilansir antaranews.com, informasi ini bermula dari unggahan tangkapan layar siaran televisi berjudul "Vaksin Covid-19 Memperbesar Penis". Terdapat tulisan penelitian tersebut rata-rata bisa memperpanjang ukuran alat kelamin pria 23 persen.

    Tangkapan layar siaran televisi tersebut diketahui hasil suntingan dengan menggunakan "Break Your Own News" dengan tujuan untuk parodi. Situs ini bisa mmebuat format siaran televisi dengan judul yang bisa disunting. Pengunggah bisa memasukkan foto dan judul sesuai yang diinginkan.

    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Bisa Memperbesar Alat Kelamin Pria? Ini Faktanya

    Dilansir lama covid19.go.id, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat Indonesia dipastikan memenuhi standar keamanan dan lolos uji klinis.

    Oleh sebab itu masyarakat diharapkan tenang dan tidak gampang percaya dengan isu miring soal keamanan vaksin.

    Wiku mengatakan akhir-akhir ini masih beredar informasi simpang siur mengenai vaksin yang dapat menimbulkan keresahan. Dengan tegas ia menerangkan vaksin Covid-19 di Indonesia dipersiapkan dengan matang.

    “Saya ingin menghimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir, karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO (World Health Organization),” ujar Wiku.

    Kesimpulan:
    Klaim vaksin Sinovac bisa memperpanjang alat kelamin pria adalah salah. Faktanya, informasi tersebut hasil suntingan berita siaran televisi.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain. 
    [Cek Fakta] Vaksin Sinovac Bisa Memperbesar Alat Kelamin Pria? Ini Faktanya
    Referensi:
    1. https://www.antaranews.com/berita/1929248/hoaks-vaksin-covid-19-memperbesar-penis
    2. covid19.go.id


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id