[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Foto Jokowi Ngutang Saat Membeli Kerak Telor? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 01 Desember 2020 11:48 WIB
    [Cek Fakta] Foto Jokowi Ngutang Saat Membeli Kerak Telor? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo tengah membeli makanan khas betawi kerak telor. Dalam foto tersebut, dinarasikan Jokowi ngutang saat membeli kerak telor tersebut.

    Akun facebook atas nama Sentot Sarino membagikan foto ini pada 25 November 2020. Dalam foto tersebut terdapat narasi percakapan antara Jokowi dengan penjual kerak telor.
     

    "Jokowi: Bang tolong kerak telornya satu.
    Penjual: waduh tukang ngutang datang lagi"


    Unggahan ini mendapatkan respon dari 85 warganet. Serta 104 komentar dan sembilan kali dibagikan ulang.

    [Cek Fakta] Foto Jokowi Ngutang Saat Membeli Kerak Telor? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Jokowi ngutang saat membeli kerak telor adalah salah. Faktanya, narasi percakapan tersebut hasil suntingan dengan mencatut foto aslinya saat Jokowi berlibur bersama keluarga di kawasan Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Jakarta Pusat.

    Foto Jokowi saat membeli kerak telor dimuat dalam artikel foto di situs tempo.co. Peristiwa tersebut berlangsung pada 2 Juli 2017 di kawasan PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto berasal dari Biro Pers Presiden.

    [Cek Fakta] Foto Jokowi Ngutang Saat Membeli Kerak Telor? Ini Faktanya

    Dilansir dari kumparan.com, Presiden Joko Widodo beserta keluarga memanfaatkan waktu libur bersama keluarga. Usai bersantai di Kedai Kopi Tuku, Cipete, Jokowi dan keluarga bergerak menuju Kemayoran, Jakarta Pusat untuk membeli kerak telor.

    Peristiwa itu diketahui dari tayangan yang disiarkan anak Jokowi, Kahiyang Ayu lewat Instagram Live di  @ayanggkahiyang, Minggu, 2 Juli 2017. Dalam video itu terlihat Jokowi melihat proses pembuatan kerak telor itu. 

    Tampak juga Ibu Negara Iriana dan Kaesang Pangarep. Jokowi sempat jongkok dan memperhatikan dengan seksama cara penjual membuat kerak telor. Sementara Iriana, Kahiyang, dan Kaesang menunggu kerak telor matang dengan berbincang santai di halte dekat penjual kerak telor. 

    Setelah kerak telor matang, Jokowi kemudian memberikan uang kepada penjualnya. Lalu, Jokowi dan keluarga masuk ke dalam mobil untuk selanjutnya menuju ke Istana Merdeka. Kerak telor merupakan makanan khas Betawi. 

    [Cek Fakta] Foto Jokowi Ngutang Saat Membeli Kerak Telor? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Jokowi ngutang saat membeli kerak telor adalah salah. Faktanya, narasi percakapan tersebut hasil suntingan dengan mencatut foto aslinya.

    Informasi ini jenis hoaks Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
     
    Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
     
    Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
    [Cek Fakta] Foto Jokowi Ngutang Saat Membeli Kerak Telor? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://archive.vn/3juwV
    2.https://foto.tempo.co/read/53281/jokowi-beli-kerak-telor-di-pinggir-jalan-kemayoran#foto-3
    3.https://kumparan.com/kumparannews/usai-ngopi-jokowi-dan-keluarga-beli-kerak-telor-di-kemayoran/full


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id