[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Nissa Sabyan Membuat Juri Amerika Menangis? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 16 November 2020 11:19 WIB
    [Cek Fakta] Nissa Sabyan Membuat Juri Amerika Menangis? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar sebuah video yang memperlihatkan penampilan Nissa, vokalis grup band gambus Sabyan. Diklaim, Nissa dan band-nya tampil di sebuah ajang pencarian bakat di Amerika Serikat 

    Akun Facebook  Su An Par Az mengunggah video berdurasi 4 menit 18 detik itu pada 20 September 2020. Pemilik akun menulis, "Semua Orang Di Sana Menangis Mendengarnya - Su An Par Az." 

    Hingga artikel ini dimuat, video itu sudah ditonton lebih dari 2,5 juta kali, mendapat 2,1 ribu komentar dan 79 reaksi. Benarkah video itu memperlihatkan penampilan grup band gambus Sabyan di ajang pencarian bakat di Amerika Serikat? Simak cek faktanya. 


    [Cek Fakta] Nissa Sabyan Membuat Juri Amerika Menangis? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video itu memperlihatkan penampilan grup band gambus Sabyan di ajang pencarian bakat di Amerika Serikat adalah salah. Faktanya, video itu hasil editan.

    Dilansir Turnbackhoax.id, video itu merupakan gabungan dari dua video yang berbeda. Video yang memperlihatkan Cheryl, Simon Cowell, dan Nick Grimshaw sebagai juri pada tayangan The X Factor UK, sebuah acara pencarian bakat di Inggris pada 30 Agustus 2015. Video itu diunggah kanal The X Factor UK Youtube berjudul "Josh Daniel sings Labrinth’s Jealous | Auditions Week 1 | The X Factor UK 2015 The X Factor UK 2015" pada 30 Agustus 2015.


    [Cek Fakta] Nissa Sabyan Membuat Juri Amerika Menangis? Ini Faktanya


    Video itu sebenarnya menampilkan ekspresi ketiga juri yang terpukau hingga menitikkan air mata karena penampilan Josh Daniel, kontestan berusia 21 tahun yang menyanyikan lagu “Jealous” milik Labrinth.

    Kemudian, video yang memperlihatkan Nissa vokalis Sabyan yang sedang menyanyikan lagu “Deen Assalam” berasal dari tayangan NET pada 29 Mei 2018. Video itu adalah video penampilan Sabyan di acara Rising Star Net.Z yang ditayangkan oleh stasiun televisi NET pada 29 Mei 2018.


    [Cek Fakta] Nissa Sabyan Membuat Juri Amerika Menangis? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video itu memperlihatkan penampilan grup band gambus Sabyan di ajang pencarian bakat di Amerika Serikat adalah salah. Faktanya, video itu hasil editan.

    Informasi ini jenis hoaks False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2020/11/15/salah-video-aksi-bunuh-diri-di-roxy-mas-jakarta/
    https://www.youtube.com/watch?v=Ra_iiSIn4OI
    https://www.youtube.com/watch?v=ILEPmB3iR-U


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id