[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Peneliti Jerman Terkejut Mengetahui Replika Wajah Tutankhamun Mirip Jokowi? Ini Cek Faktanya

    Wanda Indana - 23 Februari 2021 12:32 WIB
    [Cek Fakta] Peneliti Jerman Terkejut Mengetahui Replika Wajah Tutankhamun Mirip Jokowi? Ini Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
    Beredar sebuah kolase foto yang memperlihatkan wajah Raja Firaun, bernama Tutankhamun dari hasil rekonstruksi para peneliti. Foto di sebelahnya, terdapat wajah Presiden Joko Widodo. Diklaim, replika wajah Raja Firaun dan Jokowi memiliki kemiripan.

    Akun Facebook Eric Paul membagikan foto itu pada di laman grup bernama Denny Siregar Fans. Akun itu juga memberikan keterangan bahwa para peneliti dari Jerman terkejut karena ternyata replika wajah Tutankhamun mirip Jokowi.


    "Subhanallah, Peneliti dari jerman Ini sangat Terkejut, bahwa replika wajah tutankhamun mirip Jokowi, Ternyata raja jaman dulu mempunyai hobi kesamaan yang sama seperti Pakde yang menyengsarakan Rakyat" tulis akun itu.


    Benarkah peneliti Jerman terkejut mengetahui replika wajah Raja Firaun Tutankhamun mirip wajah Jokowi? Berikut cek faktanya.


    [Cek Fakta] Peneliti Jerman Terkejut Mengetahui Replika Wajah Tutankhamun Mirip Jokowi? Ini Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa peneliti Jerman terkejut mengetahui replika wajah Raja Firaun Tutankhamun mirip wajah Jokowi adalah hoaks. Faktanya, foto yang beredar telah diedit.

    Dilansir Turnbackhoax.id, foto wajah Presiden Jokowi dipotong (crop) dan dilekatkan ke postingan asli, dan diedit sedemikian rupa sehingga tampak seperti foto asli. Postingan asli yang menunjukkan wajah Tutankhamun diunggah akun Instagram @thinklopedia. Pada unggahannya, akun itu membuat keterangan, bertuliskan sebagai berikut:

    "Fir'aun yang direkonstruksi ulang wajahnya ini bernama Tutankhamun, dirinya diangkat sebagai raja pada usia yang terbilang sangat muda, yakni sembilan tahun. Ia memerintah dari tahun 1333 SM – 1323 SM pada masa Dinasti XVII atau yang dikenal dengan masa Kerajaan Amarna. Tutankhamun menjadi penguasa Mesir termuda sekaligus tercepat dalam masa pemerintahannya.

    Semasa jabatannya selama satu dekade, raja muda ini telah membangun banyak sekali kuil baru yang dipergunakan untuk menyembah dewa-dewa Mesir Purba, terutama Raja Amun-Ra. Namun, karena ia lahir dari hubungan sedarah (incest), dirinya menderita banyak sekali penyakit semenjak lahir. Tubuhnya pun lemah dan bahkan mungkin ia berjalan dengan bantuan tongkat karena kakinya yang tidak sempurna.

    Sekumpulan peneliti yang berasal dari Jerman dan Mesir berkolaborasi dalam kajian genetik DNA guna merekonstruksi ulang wajah Tutankhamun yang sebenarnya. Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association pada tanggal 18 Februari 2010.
    Selanjutnya, beredar pula wajah asli dari Raja Tutankhamun yang dipublikasikan pertama kali oleh kantor berita Associated Press (AP) dan Agence France-Presse (AFP)."



    [Cek Fakta] Peneliti Jerman Terkejut Mengetahui Replika Wajah Tutankhamun Mirip Jokowi? Ini Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa peneliti Jerman terkejut mengetahui replika wajah Raja Firaun Tutankhamun mirip wajah Jokowi adalah hoaks. Faktanya, foto yang beredar telah diedit.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. 

    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Peneliti Jerman Terkejut Mengetahui Replika Wajah Tutankhamun Mirip Jokowi? Ini Cek Faktanya


    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2021/02/16/salah-replika-wajah-tutankhamun-mirip-jokowi/
    https://www.instagram.com/p/CErM9VjlMLu/
    https://www.ancient-origins.net/…/mystery-king…


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016


     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id