[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Mahasiswa Bisa Minta Bantuan Kodam Kawal Demonstrasi? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 30 Juni 2020 17:29 WIB
    [Cek Fakta] Mahasiswa Bisa Minta Bantuan Kodam Kawal Demonstrasi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
    Beredar sebuah narasi maklumat TNI dari Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Sisriadi yang mengatakan mahasiswa bisa minta bantuan ke Kodam untuk mengawal demonstrasi. Narasi ini viral di media sosial facebook.

    Akun Facebook atas nama Salahudin Al Ayubi mengunggah narasi ini pada 25 Juni 2020. Dalam unggahan foto tersebut terdapat narasi sebagai berikut.

    "MAKLUMAT TNI untuk Rakyat Indonesia

    *KAPUSPEN MABES TNI MAYJEN SISRIADI*

    SALAM KOMANDO

    "MAHASISWA bisa minta BANTUAN ke KODAM jika ingin didampingi saat gelar UNJUK RASA. Kewenangan itu sudah bukan lagi milik PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

    KAMI DILATIH ....
    Untuk BERPERANG
    Untuk melumpuhkan LAWAN
    Untuk membunuh LAWAN tapi
    Kami punya hati nurani

    Kami TIDAK DILATIH .....
    Untuk membunuh RAKYAT
    Untuk membunuh MAHASISWA

    KAMI ADA karena ....
    Kami menjaga RAKYAT
    Kami menjaga NKRI
    TNI adalah anak kandung RAKYAT
    RAKYAT adalah ibu kandung TNI

    BRAVO TNI," 


    Unggahan ini mendapatkan 2.700 komentar dari warganet. Serta 7.500 kali dibagikan.


    [Cek Fakta] Mahasiswa Bisa Minta Bantuan Kodam Kawal Demonstrasi? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran kami, klaim bahwa maklumat dari Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen Sisriadi yang mengatakan mahasiswa bisa minta bantuan ke Kodam untuk mengawal demonstrasi adalah salah. Faktanya, maklumat narasi tersebut hasil pelintiran dan salah tafsir dari pernyataan asli Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi.

    Dilansir dari situs turnbackhoax.id, maklumat ini berita pelintiran yang didaur ulang. Pernyataan Kapuspen TNI tersebut dimuat dalam artikel di CNNIndonesia.com berjudul "Mahasiswa Minta Dikawal Demo ke Mabes, TNI Arahkan ke Kodam” pada 26 September 2019.


    [Cek Fakta] Mahasiswa Bisa Minta Bantuan Kodam Kawal Demonstrasi? Ini Faktanya

    Dalam artikel tersebut disebutkan Sisriadi, pendampingan mahasiswa dalam berdemonstrasi dilakukan di level komando daerah militer (kodam) dan hanya jika dalam kondisi dibutuhkan oleh Polri. Dia menyebut kewenangan itu sudah bukan lagi milik Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

    Panglima TNI terang Sisriadi tidak berwenang memberi izin dan memberikan pengawalan demonstran. Karena berdasarkan UU Nomor 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum adalah kewenangan Polri.


    [Cek Fakta] Mahasiswa Bisa Minta Bantuan Kodam Kawal Demonstrasi? Ini Faktanya

    Dia lalu menjelaskan bahwa TNI bisa ikut membantu mengamankan aksi demonstrasi jika ada permintaan dari Polri. Nantinya, itu akan diserahkan di level kodam di daerah yang bersangkutan.

    "TNI membantu polisi jika memang tenaga polisi tidak cukup. Prosedurnya begitu. Dan itu sudah pada level di lapangan, dan bukan pada Panglima TNI lagi," ujarnya.

    Dilansir dari cekfakta.tempo.co, pernyataan Sisriadi ini merespon massa yang mengaku sebagai mahasiswa dari sejumlah universitas di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat, saat menggelar aksi di dekat Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, 25 September 2020. Mereka berharap bisa beraudiensi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Sisradi pun angkat bicara. TNI tak akan ikut-ikutan dalam aksi demonstrasi tersebut.


    [Cek Fakta] Mahasiswa Bisa Minta Bantuan Kodam Kawal Demonstrasi? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa mahasiswa bisa minta bantuan ke Kodam untuk mengawal demonstrasi adalah salah. Faktanya, maklumat narasi tersebut hasil pelintiran dan salah tafsir dari pernyataan asli Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi.

    Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.


    Referensi:
    1.https://archive.md/Qzj2t
    2.https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190926064602-20-434115/mahasiswa-minta-dikawal-demo-ke-mabes-tni-arahkan-ke-kodam
    3.https://cekfakta.tempo.co/fakta/854/fakta-atau-hoaks-benarkah-kapuspen-tni-sebut-mahasiswa-bisa-minta-didampingi-kodam-saat-demo
    4.https://turnbackhoax.id/2020/06/30/salah-mahasiswa-bisa-minta-bantuan-ke-kodam-jika-ingin-di-dampingi-saat-gelar-unjuk-rasa/


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id