Kepsek Menggunting Bibir Siswanya Sendiri? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 05 November 2019 13:38 WIB
    Kepsek Menggunting Bibir Siswanya Sendiri? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
    Warganet dibikin heboh dengan beredarnya kabar seorang kepala sekolah menggunting bibir siswanya sendiri di Makassar. Kabar itu mulai menyebar di media sosial sejak Rabu, 30 Oktober 2019.

    Salah satu akun media sosial Twitter @lokerindonesia_ mengunggah link berita yang berisi informasi tersebut. Akun itu juga menulis cuitan "Waduh! Kespsek di Makassar Gunting Bibir Siswa!".


    Kepsek Menggunting Bibir Siswanya Sendiri? Ini Faktanya



    Penelusuran:
    Setelah dilakukan penelusuran, informasi yang menyebut kepala sekolah menggunting bibir siswanya sendiri di Makassar adalah salah.

    Dilansir dari Tribunnews melalui artikel berjudul "Viral Kabar Kepala Sekolah di Makassar Gunting Bibir Siswa, Begini Fakta Sebenarnya" yang tayang pada Rabu 30 Oktober 2019, disebutkan, Kepala sekolah SMP Budi Kasih, Ester, membantah isu tersebut.

    Menurut Ester menjelaskan kronologi kejadian yang membuat bibir siswa berinisial EK itu, terluka. "Senin lalu itu pihak sekolah adakan pemotongan rambut bagi siswa yang panjang rambutnya, ini anak kan banyak goyangnya kena bibir tapi tergores. Tidak ada itu sampai lidahnya yang digunting," jelas Ester.

    Masih dikutip dari Tribunnews, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Makassar, Azis Hasan, langsung mengunjungi sekolah yang terletak di Jalan Gunung Salahutu II, Makassar. Camat Makassar, Ruly Nurdin dan Lurah Maradekayya juga turut mengunjungi SMP Budi Kasih. Mereka menemui pihak sekolah.

    Azis Hasan bertemu langsung dengan Ester, yang diduga sebagai pelaku penganiayaan.  EK juga dihadirkan pada pertemuan.

    "Ini kami sudah dapat penjelasan dari pihak kepala sekolah bahwa memang tidak ada penganiayaan seperti yang heboh diberitakan. Kita lihat sendiri juga anaknya tidak demikian dan memang sudah tidak ada masalah dengan pihak orangtuanya," ucap Azis.

    Azis berharap masyarakat lebih bijak memilah-milah informasi yang ada. "Atas kejadian ini bisa menjadi pembelajaran bahwa jangan mudah mempercayai sebuah informasi yang tidak jelas dan tidak kredibel," tutup Azis.


    Kesimpulan:
    Setelah dilakukan penelusuran, informasi yang menyebut kepala sekolah menggunting bibir siswanya sendiri di Makassar adalah keliru.


    Referensi:
    https://www.tribunnews.com/regional/2019/10/30/viral-kabar-kepala-sekolah-di-makassar-gunting-bibir-siswa-begini-fakta-sebenarnya?page=3


    Sumber:
    https://twitter.com/lokerindonesia_/status/1189444565456936960

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id