comscore

[Cek Fakta] Beredar Kabar Modus Kejahatan Anak Kecil Menangis di Jalan? Ini Faktanya

Wanda Indana - 18 November 2021 18:51 WIB
[Cek Fakta] Beredar Kabar Modus Kejahatan Anak Kecil Menangis di Jalan? Ini Faktanya
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Beredar informasi mengenai modus terbaru perampokan, pemerkosaan, dan penculikan. Informasi itu diklaim berasal dari Humas Mabes Polri dan TNI.

Informasi itu beredar melalui pesan berantai dan media sosial. Akun Facebook Enah Nifah Ma'atuf Fadli turut membagikan informasi itu dengan mengunggah gambar tangkapan layar status WhatsApp.
Dalam tangkapan layar  disebutkan modus tersebut dilakukan dengan melibatkan anak kecil yang ditugaskan untuk menangis dan meminta kepada seseorang untuk mengantarkannya pulang ke alamat yang anak kecil tersebut tunjukkan.


Berikut narasi yang beredar:

"Info dari POLRI & TNI AD=
Sampaikan Pesan Ini Kepada Keluarga Dan Kawan_Kawan Anda?
Pesan Ini Ditujukan Kepada Setiap Pria Dan Wanita Yang Bepergian Sendirian Ke Kampus, Tempat Kerja Atau Kemana Saja.
Jika Kalian Menemukan Anak Menangis Di Jalan Dengan Menunjukkan Sebuah Alamat Dan Memintamu Untuk Mengantarnya Ke Alamat Tersebut, Bawalah Anak Itu Ke Kantor POLISI Atau Kantor KORAMIL Terdekat Dan Mohon JANGAN BAWA ANAK ITU KE ALAMAT Tersebut.. Ini Adalah Modus Baru PENJAHAT Untuk MERAMPOK, MEMPERKOSA, MENCULIK.
Mohon Informasikan Ke Semua Kawan_Kawan. Jangan Ragu Untuk Membagikan Pesan Ini Kepada Yang Lainnya. Pesan Ini Bisa Membantu Menyelamatkan Wanita Dan 0rang Yang Penting Dalam Hidup Anda.
INFO : HUMAS MABES POLRI & TNI, Karena Sudah Banyak Korban. Jadi Biarkan Polri & TNI Yang Mengantarkan Anak Itu Ke Alamat yg diminta anak tersebut.
AYO.. Dicopy Paste, Sebarkan Ke Group Manapun Yang Anda Punya, Partisipasi Anda Akan Menyelamatkan & Kehormatan Keluarga, Teman Kita, Maupun 0rang Lain. AYO Peduli Sesama.Tolong share ke group2 yang lain…terima kasih.`

HATI HATI WASPADA SEGALA MODUS MENIPU ????????????.”



[Cek Fakta] Beredar Kabar Modus Kejahatan Anak Kecil Menangis di Jalan? Ini Faktanya



Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Humas Mabes Polri dan TNI mengeluarkan informasi tentang modus penipuan dengan melibatkan anak kecil adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.

Informasi tersebut pernah beredar pada 2012, 2017, 2019 dan 2021 melalui berbagai platform media sosial. Pada 2012, informasi serupa menyebar melalui Blackberry Massanger

Pihak Mabes Polri tidak pernah mengeluarkan imbauan terkait modus baru kejahatan seperti yang beredar di media sosial. Namun, masyarakat tetap diimbau selalu waspada. 
 

"Faktanya, informasi tersebut merupakan hoaks berulang. Pihak kepolisian telah menyatakan pihaknya tidak pernah memberi imbauan seperti halnya informasi yang beredar." tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya. 



Kesimpulan:
Klaim bahwa Humas Mabes Polri dan TNI mengeluarkan informasi tentang modus penipuan dengan melibatkan anak kecil adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.

Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.


[Cek Fakta] Beredar Kabar Modus Kejahatan Anak Kecil Menangis di Jalan? Ini Faktanya


Referensi:
https://www.merdeka.com/jakarta/blackberry-messanger-anak-minta-tolong-hoax.html
https://turnbackhoax.id/2021/02/17/salah-modus-kejahatan-baru-dengan-anak-menangis-di-jalan/
https://www.kominfo.go.id/content/detail/17581/hoaks-dari-polisi-modus-anak-kecil-di-jalanan-adalah-penjahat-untuk-merampok-memperkosa-menculik/0/laporan_isu_hoaks


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id