[Cek Fakta] Viral Video Ada Cacing Pada Masker Impor Tiongkok? Ini Cek Faktanya

    Wanda Indana - 09 April 2021 18:47 WIB
    [Cek Fakta] Viral Video Ada Cacing Pada Masker Impor Tiongkok? Ini Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube



    Viral sejumlah video yang diklaim memperlihatkan cacing hitam pada masker impor asal Tiongkok. Video itu berdar melalui pesan berantai WhatsApp dan berbagai platform media sosial. 

    Kanal YouTube un sinn Channel turut membagikan video tersebut pada Rabu, 7 April 2021. Video itu memperlihatkan sejumlah orang meletakkan masker pada sebuah wadah lalu diberi uap air panas lalu pada masker tersebut muncul benda berbentuk hitam dan panjang.
     

    "Video Uji Kaji Orang Turki telah menjumpai cacing Ulat Halus Mask Yang Di Import dari China" judul pada video berdurasi 2 menit 36 detik itu. 


    Benarkah klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihat cacing pada masker impor Tiongkok setelah diberi uap air panas? Berikut cek faktanya:







    [Cek Fakta] Viral Video Ada Cacing Pada Masker Impor Tiongkok? Ini Cek Faktanya



    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihat cacing hitam pada masker setelah diberi uap air panas adalah salah. Faktanya, bukan cacing melainkan serat kain yang bereaksi terhadap suhu lembab. 

    Praktisi Biologi dari Austria Oliver Kim situsnya microbehunter.com mengadakan percobaan terkait dugaan adanya cacing hitam pada masker seperti yang terlihat di dalam video yang viral. Video percobaan itu juga dia unggah melalui kanal YouTube Microbehunter, berjudul "Why you should NOT be worried about microscopic worms (Morgellons) in your Face Mask" diunggah pada 5 April 2021. 

    Pada kotak deskripsi terdapat keterangan bahwa benda berwarna hitam panjang menyerupai cacing adalah serat kain yang bereaksi pada suhu lembab. Berikut penjelasannya:

    "Beberapa orang khawatir cacing pada masker wajah. Tapi ini bukan cacing. Mereka adalah serat tekstil dari pakaian. Saya akan menunjukkan kepada Anda, bagaimana Anda dapat mengisolasi ribuan dari mereka dan bagaimana membuatnya bergerak di bawah mikroskop Anda - jika Anda memilikinya. Mereka tampak bergerak seperti makhluk hidup, tetapi alasan mengapa mereka bergerak adalah karena proses fisik. Serat gelap pada masker adalah serat debu yang terkumpul seiring waktu. Anda tidak akan menemukannya di masker baru. Jika Anda menemukan serat pada masker baru, maka debu yang mengendap pada masker setelah dilepas (misalnya masker diletakkan di atas meja atau dari udara). Sebagai alternatif, serat mengendap sebelum masker dikemas, yang merupakan tanda kontrol kualitas, tetapi tidak berarti bahwa ini adalah robot atau cacing mikroskopis, seperti beberapa klaim. Ambil mikroskop dan bandingkan jumlah serat pada masker baru dan bekas."


    [Cek Fakta] Viral Video Ada Cacing Pada Masker Impor Tiongkok? Ini Cek Faktanya


    Pula, Saad Al-Sharif, profesor dan konsultan penyakit dada dan pengobatan tidur, sebelumnya membantah klaim terkait cacing hitam di masker wajah. Melalui situs sabq.org, Saad Al-Sharif mengatakan masker mulut disterilkan dan proses pembuatannya dengan cara yang ketat yang memastikan bahwa kuman, virus, atau organisme hidup apa pun yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia dapat terjaring. 

    Adapun peringatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Kanada pada 2 April tahun ini, itu terkait dengan jenis masker tertentu yang mengandung graphene, zat yang baru-baru ini ditemukan pada tahun 2004 dan diproduksi dengan nanoteknologi karena strukturnya mengandung lubang kecil (mikroskopis) yang memungkinkan udara masuk dan mencegah masuknya kuman. 

    "Peringatan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Kanada tentang masker mulut bahwa graphene digunakan dalam pembuatannya karena kemungkinan kebocoran beberapa partikel zat yang dapat terhirup dan mempengaruhi kesehatan manusia," mencatat bahwa Potensi bahaya dari graphene pada masker wajah masih dalam studi di Kanada dan belum diselesaikan. 

    [Cek Fakta] Viral Video Ada Cacing Pada Masker Impor Tiongkok? Ini Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa video yang beredar tersebut memperlihat cacing hitam pada masker setelah diberi uap air panas adalah salah. Faktanya, bukan cacing melainkan serat kain yang bereaksi terhadap suhu lembab. 

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Viral Video Ada Cacing Pada Masker Impor Tiongkok? Ini Cek Faktanya

     

    Referensi:
    https://www.youtube.com/watch?v=erE45Nfa6No
    https://sabq.org/FJZcBK
    https://archive.md/HMVxI


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id