[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Dikunjungi Prabowo, Munarman Akhirnya Bebas? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 06 Mei 2021 16:24 WIB
    [Cek Fakta] Dikunjungi Prabowo, Munarman Akhirnya Bebas? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan narasi judul mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) bebas setelah dikunjungi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnvian. Video beredar di facebook.

    Kanal youtube JURNALIS membagikan video ini pada 5 Mei 2021. Video berjudul "ADA APA INI !!! PRABOWO & TITO BICARAKAN HAL INI PADA MUNAR MAN" telah ditonton 38 ribu orang.

     



    Dalam halaman sampul video tersebut menggambarkan pertemuan Prabowo dan Munarman. Terdapat tulisan sebagai berikut "Semua Terkejut..!!! Munarman Bebas Prabowo & Tito Kunjungi Kediaman Lalu Bicarakan Hal Ini"

    [Cek Fakta] Dikunjungi Prabowo, Munarman Akhirnya Bebas? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Munarman bebas setelah dikunjungi Prabowo dan Tito adalah salah. Faktanya, Munarman saat ini masih ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

    Foto pertemuan Prabowo dan Munarman dalam klaim halaman sampul video tersebut hasil suntingan. Foto aslinya adalah pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Prabowo Subianto di Istana Negara pada 2016.

    Foto identik ditemukan dalam artikel foto berjudul "Prabowo bertemu Jokowi di Istana". Artikel dimuat di situs merdeka.com pada 17 November 2016.

    [Cek Fakta] Dikunjungi Prabowo, Munarman Akhirnya Bebas? Ini Faktanya

    Dilansir dari medcom.id, Munarman sendiri saat ini ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya dan belum bisa dikunjungi oleh pihak manapun. 

    olisi membeberkan alasan belum memperbolehkan tersangka pidana terorisme Munarman bertemu tim kuasa hukum. Eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) Front Pembela Islam (FPI) itu ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya.
     
    "Penyidik ingin konsentrasi, fokus mendalami dan menelusuri kasus-kasus tersebut," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 1 Mei 2021.
     
    Menurut Ramadhan, penyidik memiliki waktu yang lama memeriksa tersangka terorisme. Berbeda dengan kasus lainnya. Pelarangan pengacara bertemu Munarman diyakini kepolisian tidak menyalahi Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

    [Cek Fakta] Dikunjungi Prabowo, Munarman Akhirnya Bebas? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Munarman bebas setelah dikunjungi Prabowo dan Tito adalah salah. Faktanya, Munarman saat ini masih ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

    [Cek Fakta] Dikunjungi Prabowo, Munarman Akhirnya Bebas? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://m.medcom.id/nasional/peristiwa/ObzZQJgb-alasan-polisi-belum-perbolehkan-munarman-bertemu-pengacara
    2.https://www.merdeka.com/foto/peristiwa/779947/20161117155243-prabowo-bertemu-jokowi-di-istana-001-drudebby-restu-utomo.html
    3.https://archive.fo/6oSJO


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id