[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Video Jutaan Orang Demo Menolak Wajib Vaksin di Brasil? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 28 September 2021 17:00 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Video Jutaan Orang Demo Menolak Wajib Vaksin di Brasil? Ini Faktanya
    Tangkapan layar unggahan kabar hoaks di media sosial. Foto: Twitter



    Beredar sebuah video yang memperlihatkan kerumunan orang berunjuk rasa di lapangan terbuka. Diklaim, jutaan orang di Brasil berdemonstrasi menolak wajib vaksin covid-19. 

    Akun Twitter AGUT IRUT (@IrutPagut) membagikan video itu pada 11 September 2021. Pada unggahannya, akun itu menambahkan narasi sebagai berikut:
     

    "JUTAAN ORANG DI TIAP2 NEGARA DUNIA, BERDEMO MENOLAK WAJIB VAKSIN. DI VIDIO INI, JUTAAN ORANG BERDEMO DI BRASILIA CITY (IBUKOTA BRASIL), MENOLAK WAJIB VAKSIN."


    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya. 

     




    [Cek Fakta] Beredar Video Jutaan Orang Demo Menolak Wajib Vaksin di Brasil? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan jutaan orang berdemonstrasi menolak vaksin adalah salah. Faktanya, bukan menolak wajib vaksin, melainkan memperlihatkan unjuk rasa pendukung Presiden Brasil Jair Bolsonaro atas perlawanannya terhadap keputusan Mahkamah Agung. 

    Bolsonaro mengecam Mahkamah Agung negara itu dan meragukan integritas pemilihan tahun depan pada Selasa, 8 September 2021, bertepatan hari kemerdekaan Brasil. Pendukung Bolsonaro juga berunjuk rasa di kota-kota besar pada saat ketegangan meningkat di negara demokrasi terbesar di Amerika Latin itu.

    Video serupa diungga USA Today pada video berjudul "Thousands of demonstrators rally in Brazil's capital in support of Bolsonaro". Dijelaskan para demonstran berkumpul di depan Kongres Nasional Brasil untuk mendukung Presiden Jair Bolsonaro.


    [Cek Fakta] Beredar Video Jutaan Orang Demo Menolak Wajib Vaksin di Brasil? Ini Faktanya


    Dilansir Reuters, Bolsonaro menaruh keraguan dan menantang hasil pemilihan presiden 2022, yang menurut jajak pendapat sekarang menunjukkan dia kalah secara dramatis dari mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva. Tidak ada yang mengkonfirmasi pencalonannya.

    Bolsonaro juga meningkatkan kritik terhadap Mahkamah Agung karena mengizinkan penyelidikan terhadap dirinya dan sekutunya, berdasarkan tuduhan bahwa mereka telah menyerang institusi demokrasi Brasil dengan mempromosikan informasi yang menyesatkan di media sosial.

    "Kami tidak dapat menerima sistem pemungutan suara yang tidak menawarkan keamanan apa pun dalam pemilihan. Saya tidak bisa berpartisipasi dalam lelucon seperti yang disponsori oleh ketua pengadilan pemilihan." kata Bolsonaro di Sao Paulo.


    Kesimpulan:
    Klaim pada video yang beredar memperlihatkan jutaan orang berdemonstrasi menolak vaksin adalah salah. Faktanya, bukan menolak wajib vaksin, melainkan memperlihatkan unjuk rasa pendukung Presiden Brasil Jair Bolsonaro atas perlawanannya terhadap keputusan Mahkamah Agung. 

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Beredar Video Jutaan Orang Demo Menolak Wajib Vaksin di Brasil? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.usatoday.com/videos/news/world/2021/09/07/thousands-bolsonaro-supporters-rally-brazils-capital/5755660001/
    https://www.reuters.com/world/americas/bolsonaro-supporters-breach-police-cordon-ahead-tuesdays-marches-2021-09-07/


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id