[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Jokowi Punya Mobil Berplat "JOKOWI" Hasil Menimbun Kekayaan? Ini Cek Faktanya

    Wanda Indana - 09 Juni 2021 15:06 WIB
    [Cek Fakta] Jokowi Punya Mobil Berplat
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah unggahan video dan foto yang memperlihatkan sebuah mobil berplat "JOKOWI". Video dan foto itu beredar di media sosial. 

    Akun Facebook Kemas Fatan II membagikan video dan foto itu pada Rabu, 2 Juni 2021. Pada video, terlihat sebuah mobil Toyota Prius dengan plat "JOKOWI". Pada unggahan foto, memperliahtkan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tengah berfoto dengan beberapa orang di depan sebuah mobil Mercedes-Benz yang juga berplat "JOKOWI".

     



    Diklaim mobil-mobil mewah itu milik Presiden Jokowi hasil dari menimbum kekayaan. Berikut narasi yang disematkan pada unggahan video dan foto tersebut:
     

    "Wahhh....
    Ada Orang kaya baru nih.
    Terimakasih Ucup infonya,
    Kira2 Dia nimbun kekayaan di 
    mana aja ya?...
    gak pa2 kan kepo dikit"



    [Cek Fakta] Jokowi Punya Mobil Berplat


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden Jokowi memiliki mobil berplat "JOKOWI" adalah salah. Faktanya, kedua kedua mobil yang menggunakan plat “JOKOWI” tersebut adalah milik penduduk Selandia Baru, bukan milik Presiden Joko Widodo. 

    Mobil Toyota Prius yang ada dalam video itu pertama kali diunggah oleh Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, di akun Instagram pribadinya pada tanggal 23 Mei 2021 lalu. 


    [Cek Fakta] Jokowi Punya Mobil Berplat


    Sementara itu, video mobil Mercedes-Benz dengan plat “JOKOWI” merupakan milik seorang WNI asal Yogyakarta yang menetap di Auckland, Selandia Baru, Dedy Muardi. Foto serupa dapat ditemukan dalam artikel Tribun News berjudul "Demi Plat Kendaraan Bertuliskan 'Jokowi', Dua WNI di Luar Negeri Ini Rela Rogoh Biaya Mahal" diunggah pada pada Jumat, 20 Juli 2018. 


    [Cek Fakta] Jokowi Punya Mobil Berplat


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Presiden Jokowi memiliki mobil berplat "JOKOWI" adalah salah. Faktanya, kedua kedua mobil yang menggunakan plat “JOKOWI” tersebut adalah milik penduduk Selandia Baru, bukan milik Presiden Joko Widodo. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. 

    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Jokowi Punya Mobil Berplat


    Referensi:
    1. https://www.tribunnews.com/seleb/2018/07/20/demi-plat-kendaraan-bertuliskan-jokowi-dua-wni-di-luar-negeri-ini-rela-rogoh-biaya-mahal?fbclid=IwAR2MfbHc-1G1-fIpiY7BN1KgI8K-Zi87Pn2yO0cBIHziYhaGumchH7ls2_k
    2. https://www.instagram.com/p/CPM5XuKjXBO/?fbclid=IwAR1xi88raLGSv60sgW0rF8vZ_PmVNiXT8-CLiRA3POBc1f_CV26ftui6Vyc
    https://archive.md/JVmAs


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id