[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] NU Dikabarkan Gelar Konvensi Calon Presiden 2024? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 14 Juni 2021 11:06 WIB
    [Cek Fakta] NU Dikabarkan Gelar Konvensi Calon Presiden 2024? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah poster yang memuat informasi adanya konvensi calon presiden 2024 dari Nahdlatul Ulama (NU). Dalam poster itu, ada 13 nama tokoh NU yang menjadi calon presiden 2024.

    Akun Facebook Ahmad Ahmad turut menyebarkan poster itu pada Selasa, 1 Juni 2021. Pada poster itu, tertera juga Tim Sembilan PBNU sebagai penyelenggara konvensi tersebut. Berikut narasi yang terdapat dalam poster yang beredar:

     



    "Sukseskan Konvensi Capres NU 2024. Capres NU 2024:

    Said Aqil Siraj (SAS) – Khofifah Indar Parawangsa (KIP) – Abdul Muhaimin Iskandar (AMI) – Yeni Wahid – As’ad Said Ali – Mahfud MD – Ida Fauziyah -Wahidudin Adam – Nazarudin Umar – Andi Jamaro Dulung – Ali Masykur Musa (AMM) – Nusron Wahid – Yaqur Cholil Qoumas.

    Penyelenggara: TIM SEMBILAN7 PBNU"



    [Cek Fakta] NU Dikabarkan Gelar Konvensi Calon Presiden 2024? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada poster yang beredar bahwa NU mengadakan konvensi Capres 2024 adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak NU sendiri.

    Dilansir situs resmi NU, nu.or.id, Wakil Sekretaris Jenderal PBNU H Andi Najmi Fuaidi menegaskan bahwa poster yang beredar tersebut merupakan hoaks. 

    “Itu (poster dan poling) hoaks. Saya pastikan tidak ada tim sembilan dari PBNU untuk konvensi Capres NU 2024,” tegas Andi saat dikonfirmasi di lantai 3 Gedung PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, pada Rabu 2 Juni 2021.

    Lagi pula, terang Andi, agenda Konvensi Capres NU 2024 itu tidak akan pernah terjadi selama tidak ada perubahan putusan dari Muktamar tentang posisi NU sebagai jamiyah diniyah ijtimaiyah (organisasi keagamaan dan kemasyarakatan. NU masih teguh memegang khittah, bukan lembaga politik, tidak pula berpolitik praktis. 

    “NU ini organisasi sosial keagamaan yang bergerak di bidang keagamaan, pendidikan, dan sosial. Demikian kalau kita mau mengacu pada putusan Muktamar terakhir yang tidak diubah. Itu ada di dalam anggaran dasarnya. Secara organisasi seperti itu,” tegas Andi. 


    [Cek Fakta] NU Dikabarkan Gelar Konvensi Calon Presiden 2024? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim pada poster yang beredar bahwa NU mengadakan konvensi Capres 2024 adalah salah. Faktanya, informasi ini telah dibantah pihak NU sendiri. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
     

    [Cek Fakta] NU Dikabarkan Gelar Konvensi Calon Presiden 2024? Ini Faktanya


    Referensi:
    1. https://www.nu.or.id/post/read/129196/poster-dan-poling-konvensi-capres-nu-2024-pbnu-itu-hoaks
    2.  https://archive.md/rjmuH


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id