[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Benarkah Lingkaran Merah pada Tabung Gas LPG Penanda Jika ada Kebocoran? Begini Faktanya

    Wanda Indana - 24 September 2021 10:06 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Lingkaran Merah pada Tabung Gas LPG Penanda Jika ada Kebocoran? Begini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar informasi yang menyebutkan lingkaran merah pada tabung gas LPG 3 kilogram merupakan penanda kebocoran. Kabar ini beredar di media sosial. 

    Akun Facebook bernama Wati Istri Mas Jupri membagikan kabar ini pada Sabtu, 11 September 2021. Akun ini mengunggah foto tabung gas hijau melon disertai narasi sebagai berikut:

     



    "Sebagaian Orang Mungkin Tidak Tau, termasuk sy yg baru tau skrg????
    "Penting!!!
    Khususnya bagi ibu ibu yang gak bisa lepas dari urusan dapur... Selama ini saya belum tau dan baru tau sekarang kalau fungsi Lingkaran Merah Pada Tabung Gas

    Mungkin Anda mengira lingkaran merah yang terdapat di tengah tabung LPG itu hanya variasi warna saja atau desain warna tabung saja. Jika dugaan anda seperti itu jawabannya salah besar ! Lingkaran merah itu memiliki fungsi yang penting bagi pengguna LPG , lingkaran merah itu berfungsi untuk rambu rambu menandakan ledakan. Bagaimana cara kerjanya ? Simak penjelasan berikut :

    Bila pada saat anda memasak terjadi kebocoran gas dan api keluar dari selang yang bocor yang perlu dilakukan adalah melihat lingkaran merah tersebut, jika lingkaran merah tersebut masih berwarna merah berarti tabung itu masih aman untuk dilepas regulatornya saat terjadi kebocoran gas untuk mematikan apinya, namun sebaliknya jika lingkaran merah itu sudah berubah warna menjadi warna hitam berarti tabung LPG sudah tidak aman, dan anda harus cepat-cepat menyelamatkan diri karena tabung dalam kondisi status berbahaya.
    Nah seperti itulah fungsi lingkaran merah pada tabung LPG yang dibuat oleh pertamina untuk keamanan pengguna.
    Semoga Bermanfaat "



    Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.


    [Cek Fakta] Benarkah Lingkaran Merah pada Tabung Gas LPG Penanda Jika ada Kebocoran? Begini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa bahwa tanda lingkaran merah pada bagian atas tabung gas sebagai penanda kebocoran adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks lama yang kembali beredar. 

    Tim Cek Fakta Medcom.id pernah mengulas klaim serupa pada 11 September 2020. Dari hasil penelusuran, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman mengatakan lingkaran merah tidak ada hubungannya dengan indikator ledakan. Lingkaran merah itu sebenarnya tanda bahwa LPG merupakan barang berbahaya dan mudah terbakar.

    "Lingkaran merah pada tabung LPG merupakan tanda yang digunakan sebagai identifikasi bahwa LPG tersebut adalah barang berbahaya mudah terbakar, sehingga penggunaannya harus dilakukan secara hati-hati," kata Fajriyah kepada Medcom.id, Kamis 10 September 2020.

    Fajriyah menegaskan indikator untuk mengetahui kebocoran tabung LPG adalah melalui bau merkaptan atau bau khas zat pembau LPG, yang menyengat. Sehingga yang harus dilakukan bila itu terjadi, adalah tidak menyalakan api atau listrik selama tercium bau gas, segera lepas regulator dan bawa tabung ke area terbuka.

    "Warna merah tidak bisa berubah menjadi hitam meski terjadi kebocoran gas," tegas Fajriyah.

    Kemudian ciri-ciri lainnya jika tabung LPG mengalami disfungsi adalah terdapat bunga es pada titik kebocoran di tabung LPG, terdengar bunyi mendesis pada regulator, dan muncul gelombang udara dari titik kebocoran jika diusap dengan air sabun.


    [Cek Fakta] Benarkah Lingkaran Merah pada Tabung Gas LPG Penanda Jika ada Kebocoran? Begini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa bahwa tanda lingkaran merah pada bagian atas tabung gas sebagai penanda kebocoran adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks lama yang kembali beredar. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


    [Cek Fakta] Benarkah Lingkaran Merah pada Tabung Gas LPG Penanda Jika ada Kebocoran? Begini Faktanya


    Referensi:
    https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/0k80qj9k-lingkaran-merah-di-tabung-gas-lpg-indikator-ledakan-ini-faktanya
    https://www.kompas.com/tren/berita/062500065--hoaks-lingkaran-merah-pada-tabung-gas-penanda-kebocoran?page=all


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id