Kunjungi Lokasi Banjir Bogor, Hujan Lokal Hanya Mengguyur Tubuh Jokowi? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 08 Januari 2020 17:00 WIB
    Kunjungi Lokasi Banjir Bogor, Hujan Lokal Hanya Mengguyur Tubuh Jokowi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial
    Beredar sebuah kolase foto berisi dua gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam dua gambar itu memperlihatkan Presiden Jokowi dan rombongan berkunjung ke suatu tempat. Di sana mereka terjebak hujan. Namun Jokowi diberi payung dan tampak menggunakan jas hujan berwarna hijau seorang diri. 

    Pada kolase itu tertulis narasi BMG "telah terjadi hujan lokal seputaran dia saja". Kolase itu dibagikan oleh akun facebook Bagus Bagus Bagus pada Selasa 7 Januari 2020. 

    Di kolom komentar ada yang mengungkapkan keheranannya bahwa hujan lokal terjadi di sekitar Jokowi saja. "Kok bisa ya," kata akun facebook Satrio Piningit disertai empat emotikon senyum. Kemudian direspons oleh akun Bagus Bagus Bagus yang membagikan kolase tersebut.

    "iya..msh bingung nih...," kata Bagus Bagus Bagus.


    Kunjungi Lokasi Banjir Bogor, Hujan Lokal Hanya Mengguyur Tubuh Jokowi? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, kolase berisi dua gambar itu menunjukkan kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan ke Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa 7 Januari 2020. Kehadiran Jokowi di sana untuk meninjau langsung korban banjir dan longsor. 

    Disitat dari Akun Youtube Kompas TV, semula hujan belum turun. Namun belakangan hujan mengguyur lokasi. Tak pelak Jokowi dan rombongan juga kehujanan. Jokowi menutup kepalanya dengan sebuah tas.

    Kemudian ada seorang pria menghampiri Jokowi membantu memasangkan jas hujan plastik warna hijau kepada Jokowi. Ia pun lantas mengenakan jas hujan itu sambil menerobos jalan yang penuh lumpur.

    Kunjungi Lokasi Banjir Bogor, Hujan Lokal Hanya Mengguyur Tubuh Jokowi? Ini Faktanya


    Pula di Akun Youtube Sekretariat Presiden, hujan juga mengguyur warga setempat. Hal itu tampak saat warga mengantre menerima bantuan dari Presiden Jokowi  dan seorang ibu menggunakan payung.

    "Hujan lebat mengguyur Desa Harkat Jaya -- salah satu desa di  Sukajaya, Bogor yang terisolasi oleh longsor -- saat saya berkunjung pagi ini. Saya hendak melihat langsung pekerjaan pembukaan akses jalan yang tertimbun longsor dan penanganan warga terdampak bencana," kata Jokowi di akun twitternya @jokowi pada Selasa 7 Januari 2020.

    Kunjungi Lokasi Banjir Bogor, Hujan Lokal Hanya Mengguyur Tubuh Jokowi? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa hujan lokal di sekitar atau di seputaran Jokowi saja, itu salah. Pasalnya hujan mengguyur rata di lokasi kunjungan Jokowi tersebut. Warga setempat pun tampak terkena hujan. 

    Informasi hoaks tersebut masuk dalam kategori satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
     
    Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
     
    Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.


    Sumber:
    https://www.facebook.com/darmo.gandul.31105674/posts/156568795648821


    Referensi:
    1. https://www.youtube.com/watch?v=tuXRVS1mr6g&feature=youtu.be
    2. https://www.youtube.com/watch?v=FXXc6RH58L8
    3. https://twitter.com/jokowi/status/1214394586463784961






    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id