[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Foto Sajadah Utuh Tidak Terbakar Bagian dari Serpihan KRI Nanggala-402? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 05 Mei 2021 13:31 WIB
    [Cek Fakta] Foto Sajadah Utuh Tidak Terbakar Bagian dari Serpihan KRI Nanggala-402? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah foto yang memperlihatkan sajadah utuh yang diklaim bagian dari serpihan kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di dasar Laut Bali. Foto itu beredar di media sosial. 

    Akun Facebook Muslim Haeruddin membagikan foto itu pada 25 April 2021. Pada unggahan foto itu, terloihat salah seorang anggota TNI mengangkat sajadah berwarna coklat utuh dari puing-puing benda yang diklaim milik KRI Nanggala 402. Pula, terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:
     

    "ALLAHUAKBAR SAJADAH DI TEMUKAN UTUH DAN TIDAK HANCUR DI SERPIHAN KAPAL SELAM KRI NANGGALA 402. SUBHANALLAH…"


    [Cek Fakta] Foto Sajadah Utuh Tidak Terbakar Bagian dari Serpihan KRI Nanggala-402? Ini Faktanya







    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa pada foto yang beredar memperlihatkan sajadah utuh yang diklaim bagian dari serpihan kapal selam KRI Nanggala 402 adalah salah. Faktanya, bukan dari kapal selam KRI Nanggala 402. Sajadah di foto itu bagian dari puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

    Foto identik diunggah ANTARA melalui foto berjudul "PENEMUAN KOTAK PENYIMPANAN MEMORI CVR" diunggah 15 Februari 2021. Pada keterangan foto dijelaskan foto tersebut menunjukkan serpihan pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 hasil operasi pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat 15 Janurari 2021.
     

    "Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI AL Abdul Rasyid (ketujuh kiri) memeriksa serpihan pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 hasil operasi pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (15/1/2021). Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI AL Abdul Rasyid mengatakan tim SAR masih melakukan pencarian memori dari CVR tersebut karena telah terpisah dari 'underwater locator beacon'. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.". 


    Pula, dilansir Kompas.com, Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla) Operasi SAR Sriwijaya Air Laksamana Pertama Yayan Sofyan mengungkapkan, KRI Rigel pada siang hari Selasa (12/1/2021) berhasil membawa sejumlah temuan yang diduga berasal dari penumpang Sriwijaya Air SJ 182. Sejumlah temuan tersebut di antaranya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang. Ada pula bekas rapid test, handphone, dompet, potongan baju dan lain-lain.


    [Cek Fakta] Foto Sajadah Utuh Tidak Terbakar Bagian dari Serpihan KRI Nanggala-402? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim bahwa pada foto yang beredar memperlihatkan sajadah utuh yang diklaim bagian dari serpihan kapal selam KRI Nanggala 402 adalah salah. Faktanya, bukan dari kapal selam KRI Nanggala 402. Sajadah di foto itu bagian dari puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Foto Sajadah Utuh Tidak Terbakar Bagian dari Serpihan KRI Nanggala-402? Ini Faktanya



    Referensi:
    https://www.antarafoto.com/peristiwa/v1610711101/penemuan-kotak-penyimpanan-memori-cvr
    https://turnbackhoax.id/2021/05/05/salah-foto-allahuakbar-sajadah-di-temukan-utuh-dan-tidak-hancur-di-serpihan-kapal-selam-kri-nanggala-402-subhanallah/
    https://archive.ph/rOGsf


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016


     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id