[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Foto-Foto Penampakan Harun Masiku Juga Hilang dari Situs Google? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 04 Februari 2020 17:00 WIB
    [Cek Fakta] Foto-Foto Penampakan Harun Masiku Juga Hilang dari Situs Google? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).
    Beredar narasi bahwa tersangka kasus suap eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, Harun Masiku, tidak hanya hilang secara fisik. Akan tetapi, foto penampakan Harun diklaim juga ikut hilang di situs mesin pencari Google dan situs resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Akun facebook Yessi Rahmadani mengungkapkan hal itu di media sosial. Ia mengaku masih mencari keberadaan Harun Masiku hingga di mesin pencari dan situs resmi KPK. Bahkan sekadar foto Harun tak lagi ditemukan.

    "Harun masi ku cari....di google dan situs KPK fotonya hilang...AJAIB," kata akun facebook Yessi Rahmadani pada Selasa 4 Februari 2020.


    [Cek Fakta] Foto-Foto Penampakan Harun Masiku Juga Hilang dari Situs Google? Ini Faktanya


    Akun ini juga mengunggah tangkapan layar pemberitaan dari laman Vivanews.com dengan judul "Sudah Tiga Pekan Lebih Buron, Harun Masiku Belum Juga Ditemukan KPK" tayang pada Senin, 3 Februari 2020 . 

    Sejumlah warganet merespons unggahan akun tersebut. Di antaranya akun Djunet Sentosa Tarigan. " Bagaikan air jatuh ke pasir ..hilang ,senyap dan lenyap..," tulis akun tersebut.

    "kpk itu pasti tau..tapi nggak berani mungki," tulis akun Yusuf Danang.

    "Percuma saja dikretik tdk akan ada hasilnya," tulis akun Asnawi Nawi.


    Penelusuran:
    Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa foto penampakan Harun Masiku diklaim juga ikut hilang di situs mesin pencari Google dan situs KPK, tidak berdasar. Faktanya masih mudah menemukan foto Harun di mesin pencari Google. 

    Untuk di Google, bagi pengguna internet di manapun berada masih dapat melihat foto Harun. Tidak membutuhkan usaha ekstra untuk sekadar melihat fotonya . Dengan mengetik kata kunci 'Harun Masiku', maka ditemukan deretan foto Harun Masiku.


    [Cek Fakta] Foto-Foto Penampakan Harun Masiku Juga Hilang dari Situs Google? Ini Faktanya


    Pula di situs resmi KPK. Kami masih bisa menemukan penampakan foto Harun. Khususnya dalam unggahan resmi KPK pada Senin 27 Januari 2020.

    KPK membuat pengumuman resmi bahwa Harun masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). KPK membeberkan identitas singkat Harun. Terdiri dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, kewarnegaraan dan juga foto penampakan Harun. 

    "Jika Anda memiliki informasi silakan hubungi:Komisi Pemberantasan Korupsi di Call Center 198 atau Kantor Kepolisian terdekat," tulis KPK dalam siaran persnya.


    [Cek Fakta] Foto-Foto Penampakan Harun Masiku Juga Hilang dari Situs Google? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa foto Harun Masiku diklaim hilang di situs mesin pencari Google dan situs KPK, adalah salah. Faktanya foto penampakan buronan itu masih terpampang jelas di Google dan situs resmi KPK.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis Satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
     
    Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
     
    Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.


    Referensi:
    https://www.kpk.go.id/id/dpo/1465-dpo-harun-masiku
    https://www.vivanews.com/berita/nasional/34100-sudah-tiga-pekan-lebih-buron-harun-masiku-belum-juga-ditemukan-kpk


    Sumber:
    https://www.facebook.com/groups/SuaraRakyatBelaNegeri/permalink/1047947375561203/






    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id