comscore

Hoaks Sepekan: Rumah UAS Terbakar hingga Tiongkok Ambil Alih Pulau Kalimantan

Wanda Indana - 21 Mei 2022 10:12 WIB
Hoaks Sepekan: Rumah UAS Terbakar hingga Tiongkok Ambil Alih Pulau Kalimantan
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Sejumlah informasi menyesatkan masih berkeliaran di berbagai platform media sosial sepanjang pekan terakhir. Banyak terkait isu politik yang menyerang beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama. 

Berikut rangkuman hasil pengecekan fakta dari berbagai informasi hoaks yang kami verifikasi kebenarannya dalam seminggu terakhir. Berikut daftar rekap hoaks:
 

Tiongkok Ambil Alih Pulau Kalimantan

Hoaks ini berasal dari sebuah sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seorang pria berbicara menggunakan bahasa mandarin. Diklaim, pria dalam video yang beredar mengatakan bahwa Tiongkok mengancam akan mengambil alih pulau Kalimantan jika Indonesia tidak segera membayar utang.
Faktanya,  video yang beredar hasil rekayasa. Seorang pria yang berbicara dalam bahasa mandarin berasal dari aplikasi Tiongkok bernama Kuashio. Orang di dalam video memiliki nama panggilan “Ollie to Uncle” yang diberikan oleh netizen media sosial tersebut. Dalam video aslinya, Ollie mengucapkan kalimat sebagai berikut:
 
“Apa pun kesulitan yang kita hadapi, jangan takut, hadapi dengan senyuman! Cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut adalah dengan menghadapinya. ketakutan! Ketekunan adalah kemenangan! Ayo! Ollie!”
 
Pria dalam video itu sama sekali tidak membahas isu utang Indonesia atau Tiongkok akan mengambil alih Pulau Kalimantan. Narasi pada video adalah rekayasa.
 

Rumah UAS Terbakar

Di tengah isu penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) yang ditolak masuk ke Singapura, beredar video dengan narasi bahwa rumah UAS ludes terbakar. Video ini beredar di media sosial.

Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memperlihatkan rumah UAS terbakar, adalah salah. Faktanya, UAS telah memberikan klarifikasi. UAS mengatakan dirinya menerima pesan singkat terkait isu tersebut. Ia membantah rumahnya kebakaran.

"Yang betul adalah bahwa hari Sabtu pagi, saya menjenguk rumah sahabat saya. Sahabat saya, rumahnya kebakaran di Pekanbaru," kata UAS dalam video yang diunggah di akun instagramnya, 16 Mei 2022.
 

Rhenald Kasali Bikin Tulisan Sebut Anies Baswedan Terlalu Murah

Beredar tulisan yang diklaim berasal dari Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali. Judul dalam tulisan itu menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlalu murah untuk Indonesia. Akun Facebook Selvesman SangPujangga mengunggah tulisan tersebut pada Selasa, 17 Mei 2022. 

Namun, dari hasil pengecekan fakta, tulisan itu dibuat oleh akun Facebook Biakto. Tulisan itu pernah dimuat situs redaksiindonesia.com pada 11 Mei 2022 dengan judul yang sama “Anies Terlalu Murah Buat Indonesia”. Pada bagian paragraf pertama, disebutkan tulisan ini “Oleh: Biakto”. 
 

Hoaks Presiden Ukraina Zelensky Akui Pecandu Narkoba

Beredar sebuah video yang menunjukkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky sedang membahas kokain dalam sebuah sesi wawancara. Disebutkan, Zelensky mengakui dirinya mengonsumsi narkoba jenis kokain.
 
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Presiden Ukraina Zelenskyy mengakui dirinya mengonsumsi narkoba jenis kokain adalah salah. Faktanya, narasi pada video hasil rekayasa.

Melalui reverse imgae, video wawancara Zelenskyy tersebut diunggah situs lokal pravda.com.ua pada 20 Januari 2019. Dan pada saat melakukan wawancara, di menit 07.35 Zelenskyy ditanya terkait dengan apakah ia menggunakan kokain atau tidak, namun Zelensky menjawab bahwa ia tidak menggunakan narkoba, namundirinya sangat menyukai kopi. Zelensky selalu mencium bau kopi, bahkan ia mengaku pecandu kopi.
 

Video Ceramah Ustaz Yusuf Mansur Ajarkan Mencuri

Kanal Youtube Humor Aidi mengunggah video berdurasi 29 detik tersebut pada 27 April 2022. Pada video terlihat Yusuf sedang meberikan ceramah di dalam masjid. Dia mengatakan dirinyatidak pernah membayar barang yang dia ambil di mal.
 
"Saya sering salawat di mal dengan satu doa, barang-barang yang di mal enggak ada yang saya bayar, pokoknya tunjuk, ambil, pergi"

Yusuf telah memberikan tanggapan terkait potongan video ceramah tersebut. Melalui akun Instagram miliknya @yusufmansurnew, ia mengatakan bahwa ‘tunjuk, ambil, pergi’ merupakan salah satu gaya bercandanya saat memberikan ceramah.

“Tunjuk, ambil, pergi adalah gaya biasa saya berceramah. Ada bahasa jokes,” tulis Yusuf Mansur.

Lebih lanjut, dia mengatakan video yang beredar tersebut sengaja dipotong untuk menyudutkan dirinya. Dalam video lanjutannya, Ustaz Yusuf Mansyur menjelaskan bahwa ‘tunjuk, ambil, pergi’ bukan hanya diselingi salawat. Dia menyelipkan candaan bahwa bukan dirinya yang membayar, namun sang istri. Yusuf pun berharap masyarakat dapat mengambil hikmah dengan menyaksikan video lengkap dari ceramahnya.


*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id