[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Donald Trump Sindir Isi Pidato Jokowi di PBB? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 24 September 2020 12:33 WIB
    [Cek Fakta] Donald Trump Sindir Isi Pidato Jokowi di PBB? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
    Beredar sebuah tangakapan layar cuitan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyindir isi pidato Presiden Joko Widodo dalam sidang tahunan  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tangkapan layar ini beredar di media sosial facebook.

    Akun Facebook atas nama Mas Bagiyo Giyo membagikan tangkapan layar ini pada 24 September 2020. Dalam unggahannya ia memberikan narasi.
     

    "Aku tak guyu waee sooon...kkkkkkk"


    Dalam tangkapan layar cuitan di akun @realDonaldTrump tersebut telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Cuitan tersebut Donald Trump menyindir Jokowi yang meminta PBB berbenah. Berikut isi cuitan tersebut.
     

    "Baru juga sekali ngomong, itupun via virtual...
    Lha kok nyuruh PBB berbenah?


    Lu benahin dulu influencer, buzzer dan orang gila

    Btw... kemana lo 6 taon ini tong?"


    [Cek Fakta] Donald Trump Sindir Isi Pidato Jokowi di PBB? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Donald Trump menyindir Jokowi lewat cuitan di akun twitter resminya adalah salah. Faktanya, cuitan tersebut hasil suntingan dari cuitan asli Donald Trump.

    Dari cuitan di akun twitter resmi @realDonaldTrump di waktu dan tanggal yang sama dalam tangkapan layar tersebut, sama sekali tak terkait isi pidato Jokowi. Donald Trump mencuit warga  Amerika harus diajarkan bangga menjadi orang Amerika. 


    [Cek Fakta] Donald Trump Sindir Isi Pidato Jokowi di PBB? Ini Faktanya

    Dilansir dari Medcom.id, Presiden Joko Widodo mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk berbenah diri. Jokowi memberikan dua pemikiran pada pelaksanaan Sidang Majelis Umum ke-75 PBB.
     
    Pada pidato yang diberikan secara virtual itu pada 22 September 2020 waktu New York atau Rabu 23 September 2020 waktu Indonesia, presiden memaparkan pemikiran Indonesia untuk perubahan di tubuh PBB.

    “Melihat situasi dunia saat ini, izinkan saya menyampaikan beberapa pemikiran. Yang pertama, PBB harus senantiasa berbenah diri, melakukan reformasi, revitalisasi dan efisiensi,” ujar Presiden Jokowi.
     
    Indonesia melihat bahwa PBB harus dapat membuktikan bahwa multilateralism delivers, termasuk pada saat terjadinya krisis. Utamanya, PBB harus lebih responsif dan efektif dalam menyelesaikan berbagai tantangan global.
     
    Jokowi menambahkan, semua pihak harus memiliki tanggung jawab untuk terus memperkuat PBB, agar PBB tetap relevan dan semakin kontributif, sejalan dengan tantangan zaman.
     
    “PBB bukanlah sekedar sebuah gedung di kota New York, tapi sebuah cita-cita dan komitmen bersama seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia dan kesejahteraan bagi generasi penerus,” tegas Presiden.


    [Cek Fakta] Donald Trump Sindir Isi Pidato Jokowi di PBB? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Donald Trump menyindir Jokowi lewat cuitan di akun twitter resminya adalah salah. Faktanya, cuitan tersebut hasil suntingan dari cuitan asli Donald Trump.

    Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
    [Cek Fakta] Donald Trump Sindir Isi Pidato Jokowi di PBB? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://archive.vn/aQXVR
    2.https://twitter.com/realDonaldTrump/status/1308539921829781504
    3.https://www.medcom.id/internasional/asean/4KZRD4wK-usulkan-pbb-berbenah-jokowi-sampaikan-tiga-pemikiran


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id