[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Bambang Trihatmodjo Sebut Ada Dokumen yang Buktikan Jokowi Anak Gembong PKI? Cek Faktanya

    Wanda Indana - 23 September 2020 12:09 WIB
    [Cek Fakta] Bambang Trihatmodjo Sebut Ada Dokumen yang Buktikan Jokowi Anak Gembong PKI? Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
    Beredar kabar di media sosial Bambang Triadmojo menyebut Presiden Joko Widodo berasal dari keluarga Partai Komunis Indonesia (PKI). Diklaim, ada dokumen yang dapat membuktikan keterkaitan antara Jokowi dan PKI. 

    Adalah akun Facebook Nickey Lovesonia membagikan informasi itu dengan mengunggah kolase foto disertai narasi panjang pada Selasa, 22 September 2020. Hingga tangkapan layar dibuat, unggahan tersebut ramai direspons warganet, terdiri dari 684 emotikon, 90 komentar, dan 229 kali dibagikan ulang. 

    Berikut secara lengkap narasi yang beredar:


    "BAMBANG TRIATMOJO ANAK PAK SOEHATO BUKA BICARA...

    CENDANA MEMBONGKAR STATUS JOKOWI....

    JOKOWIDODO ADALAH ANAK DARI GEMBONG PKI BAPAKNYA BERNAMA WIJIADMO KETUA OPR PKI DAN IBUNYA SEKETARIAT GERWANI...

    DAN JOKOWIDODO BUKAN DARI SOLO TAPI DARI NGEMPAK BOYOLALI...
    JOKOWIDODO MEMALSUKKAN SEMUA JATI DIRINYA JUGA IJAZAH PENDIDIKKANNYA...
    JOKOWI CUMA TAMATAN SMP....

    SEMUA DOKUMEN JATI DIRI JOKOWIDODO HENRO PRIOTNO YG MEMEGANGNYA....
    HENDRO PRIOTNO YG MENYEMBUNYIKAN JADI DIRI JOKOWODODO AGAR DIA BISA MAJU DI PILKADA KOTA SOLO DULU DAN MAJU KE CAGUB JAKARTA DENGAN PENCITRAAN SERTA 2 TAHUN JOKOWIDODO DI USUNG DENGAN TERENCANA DAN SISTIMATIK DENGAN PEMILU CURANG HINGGA PENIPUAN DEMOKRASI ITU BERLANJUT DUA PERIODE DENGAN MEMBUNUH 700 ANGGOTA KPPS DENGAN CARA DI RACUN DAN DI BUNUH SERTA DI CULIK...

    JOKOWI DI ERA PAK HARTO PERNAH MELAMAR JADI PEGAWAI NEGRI DENGAN IJAZAH PALSU DI TOLAK DI REZIM PAK HARTO KARENA STATUSNYA ANAK GEMBONG PKI DAN IJAZAHNYA PALSU....

    DAN ATERIA ADALAH CUCU DARI PENDIRI PKI DI SUMATERA BARAT YG DI BEBERKAN OLEH HASRIL CHANIAGO.... "



    [Cek Fakta] Bambang Trihatmodjo Sebut Ada Dokumen yang Buktikan Jokowi Anak Gembong PKI? Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Bambang Trihadmodjo menyebut Presiden Jokowi anak dari gembong PKI adalah salah. Tidak ada pemberitaan dari sumber resmi terkait Bambang Trihadmodjo mengeluarkan pernyataan seperti pada klaim yang beredar.

    Pula, semua klaim dari narasi yang beredar tidak terbukti. Faktanya, narasi yang beredar adalah hoaks lama yang dimodifikasi dan dimunculkan kembali.   

    Tim Cek Fakta Medcom.id sudah memeriksa klaim serupa terkait isu Jokowi anak keluarga PKI melalui artikel berjudul "[Cek Fakta] Foto Ayahanda Jokowi Seorang Komandan PKI? Ini Faktanya". Pada artikel periksa fakta itu, beredar foto seorang pria berparas oriental yang diklaim sebagai komandan PKI dan ayah dari Jokowi. Namun, klaim itu tidak terbukti. 

    Pula, Jokowi juga sempat diisukan pernah melakukan nyekar di makam salah satu tokoh teras PKI. Klaim tersebut juga sudah kami periksa melalui artikel berjudul "[Cek Fakta] Foto Penampakan Jokowi Nyekar di Makam Tokoh Teras PKI? Ini Faktanya". Lagi-lagi, klaim bahwa Jokowi berasal dari keluarga PKI tidak terbukti. 


    [Cek Fakta] Bambang Trihatmodjo Sebut Ada Dokumen yang Buktikan Jokowi Anak Gembong PKI? Cek Faktanya


    Sementara itu, Jokowi sejak awal kemunculannya di panggung politik nasional, tak lepas dari tuduhan PKI. Beragam tuduhan tak berdasar disematkan pada diri Jokowi dan keluarganya.
     
    Dalam berbagai kesempatan, Jokowi sudah membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Uniknya, sejumlah orang tetap meyakini bahwa tuduhan tersebut adalah sebuah kebenaran.
     
    "Anehnya tuduhan itu tak pernah ditegaskan dalam suatu buku resmi atau tulisan ilmiah yang kadar kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan," tulis Historia.id dalam laporannya yang kami kutip pada Rabu 10 Juni 2020.

    Jokowi sendiri sudah beberapa kali membantah tudingan terkait dirinya berasal dari keluarga PKI dan antek asing. Seperti yang dimuat Medcom.id melalui video berjudul "Jokowi Kembali Bantah Isu PKI" dimuat pada 7 Juni 2018. 


    [Cek Fakta] Bambang Trihatmodjo Sebut Ada Dokumen yang Buktikan Jokowi Anak Gembong PKI? Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Semua klaim dari narasi yang beredar tidak terbukti. Faktanya, narasi yang beredar adalah hoaks lama yang dimodifikasi dan dimunculkan kembali. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Bambang Trihatmodjo Sebut Ada Dokumen yang Buktikan Jokowi Anak Gembong PKI? Cek Faktanya


    Referensi:
    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/eN40Yw7N-cek-fakta-foto-ayahanda-jokowi-seorang-komandan-pki-ini-faktanya
    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GbmY9Y3b-foto-penampakan-jokowi-nyekar-di-makam-tokoh-teras-pki-ini-faktanya
    https://www.medcom.id/embed/RkjZezQk
    https://historia.id/politik/articles/isu-pki-buat-jokowi-DpwEZ
    https://archive.md/q5Pgb


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016


     

    (WAN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id