[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kebakaran Kilang Minyak Balongan karena Serangan Teroris? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 30 Maret 2021 12:11 WIB
    [Cek Fakta] Kebakaran Kilang Minyak Balongan karena Serangan Teroris? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah informasi yang menyebutkan insiden kebakaran tangki di kilang minyak Balongan milik Pertamina di Indramayu, Jawa Barat karena serangan teroris. Informasi beredar id facebook.

    Akun facebook Kusnandar Hidayat S membagikan tangkapan layar unggahan twitter @terror_alarm pada 29 Maret 2021. Berikut unggahannya yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.
     

    "Breaking: Serangan teroris kedua di Indonesia: 
    ledakan besar dan api yang berkobar melanda kilang minyak Balongan di Indramayu. Banyak orang terluka dan tewas"


    [Cek Fakta] Kebakaran Kilang Minyak Balongan karena Serangan Teroris? Ini Faktanya






    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim kebakaran kilang minyak Balongan milik Pertamina di Indramayu, Jawa Barat karena serangan teroris adalah salah. Faktanya, dugaan sementara kebakaran karena sambaran petir.

    Dilansir medcom.id, PT Pertamina (Persero) masih menyelidiki penyebab kebakaran pada tangki T-301G Kilang Balongan yang terjadi sekitar pukul 00.45 WIB, pada Senin, 29 Maret 2020. Kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, itu diduga tersambar petir karena tengah turun hujan.
     
    "Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir," kata Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id.
     
    Tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus memadamkan api. Pihak Pertamina juga tengah melakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.   

    [Cek Fakta] Kebakaran Kilang Minyak Balongan karena Serangan Teroris? Ini Faktanya

    Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) telah menurunkan tim untuk menginvestigasi penyebab terjadinya kebakaran pada tangki BBM di Kilang Balongan, Indramayu.
     
    "Saat ini Tim Ditjen Migas sudah berada di lokasi," kata Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji pada Medcom.id, Senin, 29 Maret 2021.
     
    Tutuka menjanjikan pihaknya akan mengidentifikasi penyebab terjadinya kebakaran tersebut dengan teliti. Selain itu ia Ditjen Migas juga akan mencari solusi secara menyeluruh agar tidak ada lagi kejadian seperti ini di masa mendatang.

    [Cek Fakta] Kebakaran Kilang Minyak Balongan karena Serangan Teroris? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim kebakaran kilang minyak Balongan milik Pertamina di Indramayu, Jawa Barat karena serangan teroris adalah salah. Faktanya, dugaan sementara kebakaran karena sambaran petir.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


    [Cek Fakta] Kebakaran Kilang Minyak Balongan karena Serangan Teroris? Ini Faktanya

    Referensi:
    1.https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/5b2e6weN-kementerian-esdm-turunkan-tim-untuk-investigasi-penyebab-kilang-terbakar
    2.https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/nbwl9QRk-kebakaran-kilang-minyak-balongan-diduga-akibat-tersambar-petir
    3.https://archive.fo/pgpyq


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id