comscore

[Cek Fakta] Benarkah PBB Sebut Rusia Pemenang dalam Perang Melawan Ukraina? Cek Faktanya

Wanda Indana - 27 Mei 2022 13:07 WIB
[Cek Fakta] Benarkah PBB Sebut Rusia Pemenang dalam Perang Melawan Ukraina? Cek Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dikabarkan secara resmi telah menyatakan Rusia menang dalam perang dengan Ukraina. Kabar ini beredar di media sosial. 

Akun Facebook ini membagikan kabar tersebut dengan mengunggah video diklaim berisi penjelasan PBB telah resmi menyatakan Rusia sebagai pemenang dalam perang Rusia dan Ukraina, pada 7 Mei 2022. Akun ini juga menyebut hancurnya seluruh persenjataan Rusia merupakan alasan PBB memenangkan Rusia.
 

“Pasca h4ncurnya seluruh pers3njat4an ukr41n4, PBB sepakat akhiri p3rang dan men4angkan rus14”. tulis akun tersebut.


Benarkah? Berikut cek faktanya. 

[Cek Fakta] Benarkah PBB Sebut Rusia Pemenang dalam Perang Melawan Ukraina? Cek Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim narasi pada video yang beeredar bahwa PBB resmi menyatakan Rusia menang dalam perang melawan Ukraina adalah salah. Faktanya, perang antara Rusia dan Ukraina masih berlangsung.

Sebaliknya, perang tersebut semakin memanas setelah serangan Rusia di Donbas diklaim sebagai serangan terbesar di Eropa setelah perang dunia kedua. Per 27 Mei 2022, perang Rusia-Ukraina telah memasuki hari ke-92 dan belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Terbaru, seperti dilansir Medcom.id, Rusia kini berusaha menguasai penuh Donbas -- wilayah yang terdiri dari dua provinsi, setelah gagal merebut ibu kota Kiev atau Kharkiv sejak menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022. 

Rusia telah mengerahkan ribuan prajurit ke Donbas, dan melancarkan serangan dari tiga sisi untuk mengepung pasukan Ukraina yang bertahan di kota Severodonetsk dan Lysychansk. Jika kedua kota tersebut tumbang, maka keseluruhan provinsi Luhansk di Donbas dapat dikuasai Rusia.

"Pasukan penjajah menggempur lebih dari 40 kota di Donetsk dan Luhansk, menghancurkan atau merusak 47 situs publik, termasuk 38 rumah dan sebuah sekolah," ujar Gugus Tugas Gabungan dari angkatan bersenjata Ukraina di Facebook.

Pula, PBB tidak mengeluarkan pernyataan apapun yang berhubungan dengan kemenangan Rusia. Hany saja, PBB telah menangguhkan keanggotaan Rusia di Komite Hak Asasi Manusia (HAM) pada 7 April 2022. Resolusi itu ditetapkan setelah voting yang diikuti 193 negara anggota, dengan hasil 93 negara sepakat, 24 negara menolak, dan 58 abstain.


Kesimpulan:
Klaim narasi pada video yang beeredar bahwa PBB resmi menyatakan Rusia menang dalam perang melawan Ukraina adalah salah. Faktanya, perang antara Rusia dan Ukraina masih berlangsung.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.


[Cek Fakta] Benarkah PBB Sebut Rusia Pemenang dalam Perang Melawan Ukraina? Cek Faktanya


Referensi:
-https://indianexpress.com/article/world/russia-ukraine-war-news-live-updates-zelenskyy-putin-nato-mariupol-7928620/
-https://m.medcom.id/internasional/eropa-amerika/yKXq7vDN-ukraina-sebut-rusia-gempur-lebih-dari-40-kota-di-donbas

 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016


 



(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id