[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Sri Sultan Ajak Aliansi UGM Lengserkan Jokowi? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 29 Juli 2021 15:10 WIB
    [Cek Fakta] Sri Sultan Ajak Aliansi UGM Lengserkan Jokowi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan narasi judul Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak aliansi Universitas Gajah Mada (UGM) melengserkan Presiden Joko Widodo. Video beredar di facebook.

    Kanal youtube 651 SAFA membagikan video ini 29 Juli 2021. Video berjudul "GEGER ! SULTAN & ALIANSI UGM TUNTUT IJAZAH PALSU JKW !".

     



    Dalam halaman sampul video tersebut, terdapat narasi sebagai berikut. "Komando Sultan!! Aliansi UGM Gugat JKW!! Presiden Palsu Lengserkan"

    [Cek Fakta] Sri Sultan Ajak Aliansi UGM Lengserkan Jokowi? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Sri Sultan mengajak aliansi UGM melengserkan Presiden Joko Widodo adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.

    Dalam video tersebut mencatut informasi hoaks yang mencatut nama Sri Sultan terkait keaslian ijazah Jokowi dari UGM. Dalam informasi tersebut, Sri Sultan meminta ijazah Jokowi dari UGM diperiksa keasliannya. Informasi hoaks ini dimuat dalam artikel berikut.

    Baca: [Cek Fakta] Sri Sultan akan Periksa Keaslian Ijazah Jokowi dari UGM? Ini Faktanya

    Dilansir medcom.id, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menegaskan keaslian ijazah sarjana Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
     
    "Pak Jokowi memang alumni UGM. Ijazah beliau asli dari UGM," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat UGM Wiwit Wijayanti melalui pesan singkat kepada medcom.id, di Yogyakarta, Jumat, 5 Juni 2015.
     
    Ia menjelaskan ijazah Jokowi dikeluarkan pada 5 November 1985. Ijazah itu ditandatangani oleh Dekan UGM Prof Dr Soenardi Prawirohatmodjo M.S, M.D dan Rektor UGM Prof DR T Jacob M.S M.D.
     
    "Ijazah dikeluarkan setelah beliau berhasil menempuh pendidikan sarjana selama lima tahun," imbuh dia.
     
    Sebelum memperoleh gelar, Jokowi telah mengikuti ujian skripsi pada 23 Oktober 1985 dengan judul Stusi Tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis Pada Pemakaian Akhir di Kota Madya Surakarta.
     
    "Dosen pembimbing skripsi beliau adalah Prof Dr. Ir Achmad Soemitro. Beliau lulusan Fakultas Kehutanan dengan gelar Insinyur," katanya.

    [Cek Fakta] Sri Sultan Ajak Aliansi UGM Lengserkan Jokowi? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Sri Sultan mengajak aliansi UGM melengserkan Presiden Joko Widodo adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid terkait hal tersebut.

    Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
    [Cek Fakta] Sri Sultan Ajak Aliansi UGM Lengserkan Jokowi? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.1.https://nusantara.medcom.id/jawa-tengah/peristiwa/Wb7W36Bb-ugm-tegaskan-ijazah-presiden-jokowi-asli
    2.https://archive.fo/pcCCQ


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id