Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Video Cikeas Gerakkan Mahasiswa Demi Kudeta Jokowi? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 28 September 2021 13:27 WIB
    [Cek Fakta] Video Cikeas Gerakkan Mahasiswa Demi Kudeta Jokowi? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial



    Beredar sebuah video dengan narasi bahwa Cikeas menggerakkan mahasiswa untuk melakukan kudeta terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Video ini beredar di media sosial.

    Adalah kanal YouTube SKEMA POLITIK yang mengunggah thumbnail video dengan narasi tersebut, 27 September 2021. Berikut penampakannya:

     




    [Cek Fakta] Video Cikeas Gerakkan Mahasiswa Demi Kudeta Jokowi? Ini Faktanya


    Benarkah demikian?


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Cikeas menggerakkan mahasiswa untuk melakukan kudeta terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

    Kami mengecek video berdurasi 10 menit 5 detik tersebut. Hasilnya tidak ditemukan pernyataan pihak berwenang bahwa benar Cikeas menggerakkan mahasiswa untuk melakukan kudeta terhadap Presiden Jokowi.

    Video itu memperlihatkan sejumlah tayangan berbeda terkait 57 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Alhasil mereka tidak diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

    Adapun Cikeas, kerap dikaitkan dengan kediaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Namun lagi-lagi, tidak ada pernyataan resmi dan valid mengenai hal itu.

    Di sisi lain, sejumlah mahasiswa melakukan unjuk rasa di depan gedung KPK, Jakarta, Senin 27 September 2021. Unjuk rasa itu diakhiri dengan bersih-bersih sampah di jalanan.


    "Jadi, hari ini ada teman-teman mahasiswa menyampaikan aspirasinya dan sekarang sudah menyampaikan aspirasi. Pukul 15.22 WIB sudah bubar dan kembali ke tempat masing-masing," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Aziz Andriansyah seperti dimuat Medcom.id, Senin 27 September 2021.



    [Cek Fakta] Video Cikeas Gerakkan Mahasiswa Demi Kudeta Jokowi? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Cikeas menggerakkan mahasiswa untuk melakukan kudeta terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi), tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Video Cikeas Gerakkan Mahasiswa Demi Kudeta Jokowi? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://m.medcom.id/nasional/peristiwa/zNPOaWgK-demo-bem-si-di-kpk-diakhiri-bersih-bersih-jalan
    https://archive.md/qrOUv
    https://www.youtube.com/watch?v=PIYolCg8Lug


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id