[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Benarkah Kereta KRL di Bekasi Mengalah dan Membiarkan Kendaraan Lain Melintas? Ini Faktanya

    Wanda - 06 Februari 2020 16:00 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Kereta KRL di Bekasi Mengalah dan Membiarkan Kendaraan Lain Melintas? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
    Beredar video yang memperlihatkan kereta KRL Jabodetabek berhenti tepat di jalur perlintasan sebidang. Disebutkan, kereta listrik itu berhenti karena mengalah pada kendaraan bermotor lainnya. 

    Terlihat pada video berdurasi selama 32 detik itu beberapa kendaraan seperti mobil bak terbuka dan sepeda motor melewati jalur keret tepat di hadapan kereta KRL. Kereta KRL datang dengan laju sangat lambat hingga akhirnya berhenti dan membiarkan kendaraan lainnya berjalan melewati jalur perlintasan.

    Akun Twitter @chiashit ikut mengunggah video tersebut pada Selasa 04 Februari 2020. Video itu telah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali oleh warganet. Unggahan itu juga telah di-retweet sebanyak 19.400 kali dan mendapatkan 25.700 tanda like.

    Berikut narasi pada unggahan tersebut:

    INI KENAPA KERETANYA YANG NGALAH WOY YA ALLAH WARGA +62 

    Cr oleh @ jodhiariknot14



    [Cek Fakta] Benarkah Kereta KRL di Bekasi Mengalah dan Membiarkan Kendaraan Lain Melintas? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Setelah ditelusuri, klaim yang mengatakan kereta KRL Jabodetabek berhenti karena mengalah dengan kendaraan lain adalah keliru. Faktanya kereta tersebut berhenti karena masih menunggu sinyal aman masuk dari Stasiun Bekasi.

    Dilansir dari Kompas.comVP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia, Anne Purba mengatakan, petugas kala itu sengaja membuka pintu perlintasan untuk menghindari kemacetan. 

    "Sewaktu menunggu sinyal aman masuk Stasiun Bekasi, petugas masih membuka pintu perlintasan untuk menghindari kemacetan yang memang biasa terjadi di perlintasan tersebut," ujar Anne melalui keterangan tertulis.

    Anne menjelaskan, kereta itu berhenti sudah seusai dengan aturan yang berlaku. PT KAI Daop 1 Jakarta dan PT KCI mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati jika melintasi perlintasan kereta api.

    Hal ini sesuai dengan Undang Undang No. 22 Tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114.

    "Pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai di tutup dan atau ada isyarat lain, mendahulukan kereta api, dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel,” tutur Anne.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa kereta KRL Jabodetabek berhenti karena mengalah dengan kendaraan lain adalah salah. Faktanya kereta berhenti karena masih menunggu sinyal aman masuk dari stasiun Bekasi.


    Referensi:
    https://megapolitan.kompas.com/berita/16261251-viral-video-kereta-berhenti-saat-rel-dipadati-kendaraan-di-bekasi-ini?page=all


    Sumber:
    https://twitter.com/chiashit/status/1224583997394546688?s=20






    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id