[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Video Polisi Tiongkok Gelar Latihan Di Lippo Cikarang? Ini Cek Faktanya

    Wanda Indana - 25 Februari 2021 14:51 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Video Polisi Tiongkok Gelar Latihan Di Lippo Cikarang? Ini Cek Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook



    Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan pasukan Polisi Tiongkok sedang menggelar latihan di gedung perbelanjaan, Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Video itu beredar di media sosial. 

    Akun Facebook Mones II membagikan video itu pada Rabu, 24 Februari 2021. Terdengar, pasukan polisi berbicara dalam bahasa asing. Akun itu juga menambahkan narasi pada unggahan videonya, bertuliskan sebagai berikut:
     

    "BARU2 ini.. 
    Ada apa di LIPPO CIKARANG,  Polisi China Bisa Latihan Di Situ. Terbukti Bahwa Orang2 China Yg Masuk Indonesia Adalah Para polisi/tentara China. Ini sama saja Dgn Mengangkangi  Kedaulatan Negara dan Harga diri Bangsa Yg Merdeka"


    Benarkah video yang beredar tersebut memperlihatkan pasukan polisi Tiongkok melakukan latihan di gedung perbelanjaan Lippo Cikarang? Berikut cek faktanya.






    [Cek Fakta] Beredar Video Polisi Tiongkok Gelar Latihan Di Lippo Cikarang? Ini Cek Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan pasukan polisi Tiongkok melakukan latihan di gedung perbelanjaan Lippo Cikarang adalah hoaks. Faktanya, bukan polisi Tiogkok, video itu memperlihatkan pasukan polisi dari Korps Brimob Polri yang sedang berlatih anti-terorisme.

    Dilansir Turnbackhoax.id, ditemukan video identik yang diunggah kanal YouTube Rafa Satria berjudul "AKSI DENSUS 88 DI MEIKARTA LIPPO CIKARANG!!!Latihan anti teroris". Video itu dimuat pada 21 Februari 2021. 
     

    "BUKAN Polisi China. Perekam video memang berbicara menggunakan bahasa asing, tetapi FAKTANYA yang berada di dalam video adalah pasukan dari Korps Brimob Polri yang sedang berlatih “urban warfare”." tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya. 




    [Cek Fakta] Beredar Video Polisi Tiongkok Gelar Latihan Di Lippo Cikarang? Ini Cek Faktanya


    Pula, pencairan melaui pemberitaan resmi, seperti diwartakan Antaranews.com melalui artikel berjudul "Pasukan Gegana Korps Brimob Polri latihan "urban warfare" di Meikarta" dimuat 22 Februari 2021, diketahui bahwa pasukan Gegana Brimob Polri menggelar latihan berskala besar di wilayah perkotaan atau "urban warfare" di Distrik 1 Meikarta Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi. 

    Komandan Pasukan Gegana Korps Brimob Polri Brigjen Pol Reza Arief Dewanto dalam keterangannya di mengatakan, latihan itu untuk mengantisipasi kejahatan berkadar serta berintensitas tinggi, utamanya yang menggunakan senjata api dan bahan peledak. Reza mengatakan yang latihan dilakukan sejak Sabtu (20 Februari 2021) pagi hingga siang itu merupakan implementasi latihan besar-besaran di medan 'jungle' maupun 'rural area' atau wilayah perkotaan, khususnya 'large cities' atau 'medium size town'.
     

    "Selama ini pelatihan baru bersifat parsial. Ini pertama kali kami melaksanakan pelatihan dengan judul besar, yakni urban warfare yang mengintegrasikan beberapa satuan dan spesifikasi kemampuan di dalam tubuh Pasukan Gegana ke dalam sebuah operasi," jelas Reza. 


     

    [Cek Fakta] Beredar Video Polisi Tiongkok Gelar Latihan Di Lippo Cikarang? Ini Cek Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim pada video yang beredar memperlihatkan pasukan polisi Tiongkok melakukan latihan di gedung perbelanjaan Lippo Cikarang adalah hoaks. Faktanya, bukan polisi Tiogkok, video itu memperlihatkan pasukan polisi dari Korps Brimob Polri yang sedang berlatih anti-terorisme.

    Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content di bentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Beredar Video Polisi Tiongkok Gelar Latihan Di Lippo Cikarang? Ini Cek Faktanya

    Referensi:
    https://turnbackhoax.id/2021/02/25/salah-polisi-china-latihan-di-lippo-cikarang/
    https://megapolitan.antaranews.com/berita/130854/korps-brimob-polri-latihan-urban-warfare-di-meikarta-bekasi
    https://perma.cc/7J9G-3ZQP
    https://archive.md/t3N8y


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id