[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Viral Pesan Berantai WhatsApp Sebut Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 19 Februari 2020 20:04 WIB
    [Cek Fakta] Viral Pesan Berantai WhatsApp Sebut Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp
    Mendiang suami penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclar, disebut meninggal karena GERD atau asam lambung yang menekan jantungnya hingga tak berfungsi. Informasi itu menyebar melalui pesan berantai WhatsApp.

    Dalam pesan tersebut, tertulis bahwa GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease bisa menyebabkan kematian mendadak. GERD menyebabkan asam lambung naik ke sejumlah organ, mulai dari jantung, paru-paru, THT (tenggorokan, hidung, dan telinga), hingga mata.

    "Jika asam lambung naik mengenai area jantung, maka ritme detak jantung bisa terganggu sehingga jantung bisa berdebar-debar. Dan mendadak berhenti," demikian narasi dalam pesan berantai itu. 


    [Cek Fakta] Viral Pesan Berantai WhatsApp Sebut Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Setelah dilakukan penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa mendiang suami penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclar, kemungkinan meninggal karena GERD atau asam lambung adalah salah. Narasi tersebut pernah beredar pada tahun 2018. 

    Akun Facebook SEHAT Adalah Pilihan pernah membagikan narasi yang sama pada 28 Januari 2018. Perbedaannya, pesan tersebut ditujukan pada kasus kematian dokter Ryan Thamrin, yang kondang karena mengisi program kesehatan di salah satu program televisi. 

    Sementara pesan berantai melalui WhatsApp yang viral tersebut, ditujukan untuk kasus kematian Ashraf Sinclar, mendiang suami penyanyi Bunga Citra Lestari. 


    [Cek Fakta] Viral Pesan Berantai WhatsApp Sebut Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD? Ini Faktanya


    Dilansir Medcom.id melalui artikel berjudul "Ashraf Sinclair Tak Memiliki Riwayat Jantung dan Dikenal Jalani Pola Hidup Sehat", Manajer penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL), Doddy, menyebut kematian Ashraf Sinclair didiagnosis karena penyakit jantung. Ashraf diketahui tidak memiliki riwayat penyakit itu.
     
    "Enggak ada (riwayat penyakit jantung)," kata Doddy saat ditemui di rumah duka di kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Selasa 18 Februari 2020.
     
    Dodi menyebut suami Bunga Citra Lestari itu bahkan menganut pola hidup sehat semasa hidupnya. Sehingga kabar ini cukup mengagetkan pihak keluarga.

    "Dia sehat banget. Di antara kami semua, dia paling sehat," jelasnya.
     
    Masih dilansir Medcom.id, melalui artikel berjudul "Ini Gejala Penyakit Jantung yang Sering Tidak Disadari", terdapat lima gejala penyakit jantung yang seringkali tidak disadari. Seperti; sesak napas, Nyeri dada, rasa sakit pada tubuh, mati rasa pada lengan dan kaki dan Palpitasi jantung
     
    Palpitasi jantung atau aritmia adalah suatu keadaan dimana jantung Anda berdetak terlalu cepat atau tidak teratur, kata Steinbaum. Pada orang dengan penyakit jantung, palpitasi dapat menunjukkan masalah pada katup jantung atau bahkan sistem kelistrikannya. Namun, palpitasi tidak selalu merupakan gejala penyakit jantung.


    [Cek Fakta] Viral Pesan Berantai WhatsApp Sebut Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa mendiang suami penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclar, kemungkinan meninggal karena GERD atau asam lambung adalah salah. Narasi tersebut pernah beredar pada tahun 2018. 


    Referensi:
    https://www.medcom.id/hiburan/selebritas/xkEYmB9k-ashraf-sinclair-tak-memiliki-riwayat-jantung-dan-dikenal-hidup-sehat
    https://www.medcom.id/rona/kesehatan/Rb108nXN-ini-gejala-penyakit-jantung-yang-sering-tidak-disadari
    https://web.facebook.com/herbalmagozai/posts/1988751984714564?


    Sumber:
    Pesan berantai WhatsApp
    Media sosial

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id