[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Kode Rahasia Mengecek HP Disadap? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 23 Januari 2021 13:53 WIB
    [Cek Fakta] Kode Rahasia Mengecek HP Disadap? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Whatsapp



    Beredar sebuah video yang memberikan kode rahasia untuk mengetahui ponsel tengah disadap. Video beredar lewat pesan berantai di aplikasi whatsapp. 

    Dalam tangkapan layar video tersebut, tercatat kode rahasia *#21#. Terdapat narasi "ikutan yang lagi viral cara cek HP disadap". 






    [Cek Fakta] Kode Rahasia Mengecek HP Disadap? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim kode rahasia *#21# untuk mengetahui HP telah disadap adalah salah.  Faktanya, kode *#21# untuk mengatur pengalihan panggilan.  

    Dilansir liputan6.com, Pakar Keamanan dan Kriptografi Pratama Persadha juga menyebut kabar itu tidak benar. Menurutnya, fitur ini memang digunakan untuk mengalihkan panggilan masuk. 

    "Call forwarding ini sebenarnya digunakan apabila telepon milik kita akan disambungkan ke saluran lain PSTN, mailbox, dan lain-lain," katanya. 

    Terkait kemungkinan fitur call forwarding yang aktif tanpa diketahui pengguna, menurut Pratama, besar kemungkinan hal itu memang pengaturan bawaan dari kartu SIM milik operator.

    [Cek Fakta] Kode Rahasia Mengecek HP Disadap? Ini Faktanya

    Dilansir recode.id, Menurut Pratama, no *#21# yang di gunakan untuk mengecek seperti dalam pesan tersebut adalah fitur untuk mengalihkan panggilan masuk yang ada di sediakan oleh operator.

    “Call forwarding atau pengalihan penggilan ini sebenarnya digunakan apabila telepon milik kita akan disambungkan ke saluran lain PSTN, mailbox, dan lain-lain,” jelas Pratama Persadha seperti di kutip dari liputan6.

    Namun, jika pengguna smartphone melakukan *#21# dan mendapati salah satu fitur dalam pengalihan penggilan masuk tersebut dalam keadaan aktif tanpa di ketahui pengguna, hal tersebut bukan berarti smartphone pengguna sedang di sadap. Namun, kemungkinan besar itu memang pengaturan bawaan dari kartu SIM milik operator.

    Oleh karena itu, Ia pun mewanti-wanti pengguna smartphone di tanah air untuk tidak termakan berita palsu semacam ini.

    Tak hanya terkait isu-isu atau berita hoax seperti ini, masyarakat juga diminta harus lebih cerdas dalam memilah informasi. Pastikan untuk melakukan crosscheck, sebelum menyebarkan atau membagikan unggahan status atau pesan yang belum di ketahui kebenarannya.

    [Cek Fakta] Kode Rahasia Mengecek HP Disadap? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim kode rahasia *#21# untuk mengetahui HP telah disadap adalah salah.  Faktanya, kode *#21# untuk mengatur pengalihan panggilan.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.  
    [Cek Fakta] Kode Rahasia Mengecek HP Disadap? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.liputan6.com/tekno/read/3307327/ini-penjelasan-soal-penyadapan-smartphone-dari-nomor-21?fbclid=IwAR2VNa-dJOyhKxt16K1I32ENFYqE7bmDgr2fDDwX--a2jr65g5pX-mzzpsY
    2.https://www.recode.id/penjelasan-pakar-mengenai-beredarnya-pesan-penyadapan-smartphone/?fbclid=IwAR3pO8uD5E0MNUsoI8pRjbt1oaem4PQttiXxX4KzB4U_LZrn9lZioOA39Fs


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     

    Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id