[Cek Fakta]

    Yang Bilang Teleponan di Dekat Kompor Gas Menyala Bisa Terjadi Ledakan? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 20 Januari 2020 18:05 WIB
    Yang Bilang <i>Teleponan</i> di Dekat Kompor Gas Menyala Bisa Terjadi Ledakan? Ini Faktanya
    Tangkapan layar kabar palsu di pesan berantai whatsapp
    Banyak kabar yang beredar di media sosial bahwa teleponan di dekat kompor gas menyala dapat menyebabkan ledakan. Kabar ini terus beredar di media sosial. Termasuk pesan berantai di WhatsApp.

    Di antaranya kabar yang mengatasnamakan seorang dokter. Dia bilang suaminya yang juga dokter menangani sejumlah pasien luka bakar di suatu rumah sakit. 

    Rata-rata, kata dia, pasien luka bakar itu korban ledakan di dapur. Ledakan terjadi karena menelepon atau menerima telepon di dekat kompor gas yang sedang menyala. 

    "Tolong berhenti membuat atau menerima panggilan di dapur. Ini sama berbahayanya dengan membuat atau menerima panggilan di pom bensin," seperti yang tertulis di pesan berantai.


    Berikut kabar selengkapnya:

    "Apakah Anda melakukan panggilan atau menerima panggilan di dapur Anda? Nama saya Dr. Ademola. Baru 3 hari yang lalu, suami saya, yang juga seorang dokter, berbagi kejadian menyedihkan dari 6 orang yang dibawa ke rumah sakit akibat luka bakar ketika membuat atau menerima panggilan telepon di dapur dengan kompor gas menyala. Bahkan oven microwave atau pemanas induksi bisa berbahaya. Beberapa dari mereka memasak dengan telepon menekan telinga mereka! Tolong berhenti membuat atau menerima panggilan di dapur. Ini sama berbahayanya dengan membuat atau menerima panggilan di pom bensin. “Tolong, jangan lupa untuk memberi tahu orang-orang yang Anda cintai. Jika panggilannya sangat mendesak, jauhi gas 10-12 meter dan kemudian menjawab panggilan. Ingat bahwa keselamatan Anda juga merupakan keselamatan keluarga Anda

    Jika informasi ini berguna untuk Anda Harap jangan memblokirnya di ponsel Anda. Sebarkan berita baiknya. Terima kasih."



    Yang Bilang <i>Teleponan</i> di Dekat Kompor Gas Menyala Bisa Terjadi Ledakan? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id tidak ada korelasi antara teleponan di dekat kompor gas yang sedang menyala dengan ledakan. 

    Peneliti Utama Elektromagnetik Desain LIPI, Harry Arjadi membantah ledakan dapat terjadi bila menerima atau menelepon di dekat kompor gas yang sedang menyala. Ledakan dapat terjadi jika terdapat kebocoran pada gas elpiji.


    Yang Bilang <i>Teleponan</i> di Dekat Kompor Gas Menyala Bisa Terjadi Ledakan? Ini Faktanya


    "Sebenarnya kompor bisa meledak karena ada kebocoran gas bukan disebabkan oleh memainkan ponsel saat di dapur," kata Harry kepada CNNIndonesia.com.

    Meski demikian, Harry menyarankan agar sirkulasi udara di dapur dapat terjaga dengan baik. Hal ini penting jika terjadi kebocoran gas, potensi kompor meledak lebih cepat dapat dikurangi.

    "Sirkulasi udara di dapur harus dijaga dengan baik, artinya pintu dapur harus selalu terbuka. Kalau terjadi kebocoran gas dan pintu dalam keadaan tertutup maka akan cepat meledak," ujarnya.


    Yang Bilang <i>Teleponan</i> di Dekat Kompor Gas Menyala Bisa Terjadi Ledakan? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa teleponan di dekat kompor gas yang sedang menyala dapat menyebabkan ledakan, itu salah. 

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    Sumber:
    Pesan berantai di WhatsApp


    Referensi:
    1. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191017142108-185-440365/mengungkap-mitos-bahaya-pakai-hp-dekat-kompor
    2. https://turnbackhoax.id/2020/01/20/salah-bahaya-bertelepon-di-dapur-saat-kompor-menyala/






    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id