[Cek Fakta]

    [Cek Fakta] Benarkah Dua Penumpang Lion Air Meninggal karena Virus Corona? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 03 Februari 2020 18:18 WIB
    [Cek Fakta] Benarkah Dua Penumpang Lion Air Meninggal karena Virus Corona? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
    Beredar kabar bahwa dua penumpang maskapai penerbangan Lion Air yang meninggal saat pendaratan darurat di Sri Lanka karena terinfeksi virus menular. Penumpang tersebut menumpangi pesawat Lion Air bernomor JT-085 bertolak dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, dengan tujuan Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur.

    Informasi itu viral di media sosial. Pengguna Twitter @Putrima68866099 menghubungkan penyebab kematian seorang penumpang tersebut dengan wabah virus Korona yang sedang terjadi. Berikut cuitannya:

    "baru di share pesawat lion air dr arab saudi - surabaya mendarat di colombo, krn ada yg sakit dan meninggal..terindikasi virus corona, semoga bukan krn virus itu"


    [Cek Fakta] Benarkah Dua Penumpang Lion Air Meninggal karena Virus Corona? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Setelah dilakukan penelusuran, dua penumpang pesawat Lion Air yang meninggal saat pendaratan darurat di Sri Lanka bukan karena terinfeksi virus Korona. 

    Dilansir Detik.com, melalui artikel berjudul "Lion Air Sanggah 2 Penumpang Meninggal Kena Virus di Penerbangan Jeddah" dimuat pada Sabtu 1 Februari 2020, Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menegaskan kabar adanya penumpangnya yang meninggal karena virus korona adalah salah.

    "Lion Air tidak pernah mengatakan penyebab meninggal dunianya dua penumpang tersebut karena virus menular," tegas Danang. 

    Danang menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Minggu 12 Januari 2020. Pesawat Lion Air bernomor JT-085 bertolak dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, dengan tujuan Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur. Pesawat membawa 13 kru kabin dan 257 penumpang.

    "Kondisi kesehatan setiap tamu sudah mempunyai surat izin medis sebelum penerbangan dengan menunjukkan dan melampirkan surat keterangan kelaikan terbang," ujar Danang.

    Danang menuturkan pesawat itu berangkat pukul 18.20 waktu setempat dan dijadwalkan mendarat di Juanda pada Senin 13 Januari 2020, pukul 08.30 WIB. Namun baru sekitar satu jam lepas landas, pilot menginformasikan kepada petugas lalu lintas udara akan melakukan pengalihan pendaratan atau divert ke Bandara Internasional Bandaranaike di Katunayake, 35 km utara dari Kolombo, Sri Lanka.

    "Dikarenakan alasan medis, bahwa terdapat satu tamu wanita bernama Saringa Albadiah yang segera membutuhkan pertolongan (need immediate medical assistance). Awak kabin yang bertugas menjalankan tindakan sesuai prosedur dengan mengumumkan dalam kabin apakah terdapat dokter atau petugas medis serta membantu melakukan penanganan," jelas Danang.

    Masih dilansir Detik.com, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kolombo menjelaskan soal penanganan penumpang Lion Air yang sempat mendarat darurat di Sri Lanka. Pada peristiwa yang terjadi medio Januari tersebut, ada tiga penumpang yang ditangani di Kolombo, Sri Lanka.

    "Terkait berita pada pertengahan Januari tersebut, memang ada dua orang meninggal dan satu orang dirawat di RS di Kolombo. Jenazah sudah dikirim ke Indonesia tanggal 15 Januari dan tidak diautopsi," demikian keterangan KBRI Kolombo seperti diterima detikcom, Sabtu 1 Februari 2020.

    KBRI Kolombo menyatakan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan untuk pemulangan dua jenazah tersebut. Sedangkan satu orang lainnya dirawat di RS di Kolombo karena sakit influenza.

    "Hasil pemeriksaan dokter infeksi karena flu," kata dia.


    Kesimpulan:
    Dua penumpang pesawat Lion Air yang meninggal saat pendaratan darurat di Sri Lanka bukan karena terinfeksi virus Korona. Dua 


    Referensi:
    https://news.detik.com/berita/d-4881968/2-penumpang-lion-meninggal-di-penerbangan-ke-jeddah-kbri-tak-terkait-corona
    https://news.detik.com/berita/173251-4881883/10/lion-air-sanggah-2-penumpang-meninggal-kena-virus-di-penerbangan-jeddah


    Sumber:
    https://twitter.com/Putrima68866099/status/1223516086248730624






    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id