comscore

[Cek Fakta] Benarkah Racun Tanaman Sri Rejeki Membuat Kematian pada Anak? Cek Faktanya

Wanda Indana - 24 Mei 2022 19:37 WIB
[Cek Fakta] Benarkah Racun Tanaman Sri Rejeki Membuat Kematian pada Anak? Cek Faktanya
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Beredar kabar yang menyebutkan tanaman hias Sri Rejeki dapat membuat kematian pada anak. Kabar ini banyak beredar di media sosial. 

Akun Facebook ini dan ini turut membagikan kabar itu pada Sabtu, 14 Mei 2022. Akun ini mengunggah foto memperlihatkan tanaman Sri Rejeki disertai dua foto anak kecil perempuan yang terkulai lemas. Akun ini juga menyertakan narasi sebagai berikut:
"Info penting:bagi saudara2 fb.mohon jaga anak2 atau siapa pun utx mnjauhi tumbuhan yg ada di gmbar ini...terutama pada anak2..info nya tumbuhan ini di pke masak2an sma anak2..tumbuhan ini mmiliki racun..dan anak di gambar ini tlah mnjadi korban.innalillahi wainna ilaihi rojiun..
Mohon bantu share ya bun semoga tidak ada yang mengalami hal serupa seperti ini
Thanks to https://bit.ly/3kLM0K2"


Benarkah? Berikut cek faktanya. 


[Cek Fakta] Benarkah Racun Tanaman Sri Rejeki Membuat Kematian pada Anak? Cek Faktanya


Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa tanaman Sri Rejeki dapat membuat kematian pada anak adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.

Dilansir Detik.com, Dr Susiani Purbaningsih, DEA, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI) menjelaskan, tanaman sri rejeki memang memiliki racun pada getahnya. Namun efeknya termasuk dalam tingkatan ringan, tidak mematikan. Tatap aman untuk hiasan.

"Beracun tapi tidak membahayakan sekali. Getahnya kalau kena orang bisa bikin gatel tapi ada juga yang enggak," kata Susiani ketika dihubungi pada Senin, 21 September 2015.

Susiani  menambahkan, tiap tumbuhan imemiliki senyawa yang dipakai untuk melawan musuh. Tingkat racunnya bermacam-macam ada yang bisa sampai membunuh tapi ada juga yang cuma sampai gatal.

Tak hanya sri rejeki, tanaman hias lainnya seperti kuping gajah juga beracun namun sekali lagi mereka tak dikategorikan berbahaya karena tingkatannya yang lemah. Sejauh ini, Susiani mengaku belum pernah mendapat laporan sampai ada korban atau kasus keracunan parah akibat terkena getah tanaman-tanaman hias.

"Kalau memang diketahui tingkat racunnya tinggi ya pasti sudah tidak dibolehkan jadi tanaman hias," tutup Susiani.


Kesimpulan:
Klaim bahwa tanaman Sri Rejeki dapat membuat kematian pada anak adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.


[Cek Fakta] Benarkah Racun Tanaman Sri Rejeki Membuat Kematian pada Anak? Cek Faktanya


Referensi:
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3023997/meski-beracun-tanaman-sri-rejeki-masih-aman-dijadikan-hiasan

 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 

(WAN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id