Mata Kiri Novel Baswedan Baik-Baik Saja? Ini Faktanya

    Wanda Indana - 08 November 2019 15:35 WIB
    Mata Kiri Novel Baswedan Baik-Baik Saja? Ini Faktanya
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
    Akun Twitter @AdellaWibawa mengunggah sebuah video yang menunjukkan mata kiri Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan baik-baik saja. Unggaran itu kontan viral di media sosial sejak Senin, 4 November 2019.

    Akun itu juga menambahkan narasi bertuliskan "Mata novel baswedan saat baru ditayangin di NET TV 18 april 2017..! ? dia kaget dgn tiba2 kemunculan wartawan NET, liat matanya dan pipi mulus pdhl baru kasus penyiraman". Video yang sama juga meluas ke berbagai platform media sosial dengan narasi yang bermacam-macam.

    Pula, pemilik akun @ariyfebri1 ikut membagikan informasi tersebut. Akun itu mengunggah foto Novel Baswedan dengan narasi bertuliskan "Udh liat video pas novel perawatan di rs singapura lum?? Ini loh fotonya. Videonya jg kmrin kesebar. muka ..mata..baik2 aja."



    Mata Kiri Novel Baswedan Baik-Baik Saja? Ini Faktanya




    Penelusuran:
    Setelah ditelusuri, foto Novel Baswedan yang menyebar di media sosial dengan narasi "mata novel baik-baik saja" adalah tangkapan layar dari video yang diambil Net TV. Video yang tayang pada 19 April 2017 itu, diambil saat Novel menjalani pengobatan di Singapura.


    Mata Kiri Novel Baswedan Baik-Baik Saja? Ini Faktanya



    Dilansir Detik, pada artikel berjudul "Viral Video 'Mata Baik-baik Saja', Novel Baswedan Ungkap Cerita Sebenarnya", dijelaskan bahwa video itu diambil pada 2017 sebelum dia menjalani operasi OOKP (osteo odonto keratoprosthesis) pada mata kirinya. Mata Novel sedang dipasang selaput membran plasenta yang membuat matanya seolah terlihat tidak terluka.

    Berikut isi lengkap artikel tersebut:

    Novel Baswesan melalui tim kuasa hukumnya, Alghiffari Aqsa, memberikan penjelasan mengenai video tersebut. Menurut Novel, video itu diambil pada 2017 sebelum dia menjalani operasi OOKP (osteo odonto keratoprosthesis) pada mata kirinya.

    "Ini video diambil sekitar bulan April/Juli 2017. Saat itu belum dilakukan operasi OOKP pada mata kiri," kata Novel dalam keterangan tertulis yang disampaikan tim kuasa hukumnya.

    Novel menjelaskan, saat itu dokter yang menanganinya tengah melalukan upaya pemasang selaput membran plasenta untuk menumbuhkan jaringan yang mati di kedua matanya. Namun, ia mengatakan, hingga Agustus ternyata tidak ada perkembangan.

    "Ternyata sampai sekitar bulan Agustus tidak juga ada perbaikan, sedangkan diperkirakan 6 bulan setelah kejadian kedua mata akan tidak bisa lihat sama sekali. Saat itu bila orang lihat mata kiri saya seperti tidak sakit, bahkan tidak merah dan bening, seperti kelereng. Tapi sebenarnya selnya justru sudah banyak yang mati dan fungsi melihatnya sangat kurang," jelasnya.

    Karena itu, Novel mengatakan langsung dilakukan operasi OOKP pada mata kiri yang rusaknya lebih parah. Menurutnya, wajar bila ada orang awam yang mengira matanya tidak sakit.

    "Jadi wajar saja orang awam mengira saya tidak sakit," sebutnya.

    Baca juga: Polri Soal Investigasi Kasus Novel: Tidak Lama Lagi Kita Ungkap!

    Ia mengatakan selama ini selalu didampingi rekan kerjanya di KPK. Ia juga mengatakan selalu menyampaikan perkembangan kondisi matanya ke pimpinan KPK.

    "Kawan-kawan dari KPK yang dampingi saya yang mengena perkembangan pengobatan mata saya dari hari ke hari. Dan setiap update dari dokter disampaikan ke pimpinan," tuturnya.




    Kesimpulan:
    Klaim yang menyebut mata kiri Novel Baswedan baik-baik saja adalah salah. Faktanya, foto diambil pada saat mata Novel dipasang selaput membran plasenta untuk menumbuhkan jaringan yang mati di kedua matanya. Pemasangan plasenta yang membuat mata Novel terlihat tak terluka. Padahal, fungsi mata novel terus memburuk.


    Referensi:
    https://news.detik.com/berita/d-4772540/viral-video-mata-baik-baik-saja-novel-baswedan-ungkap-cerita-sebenarnya/2


    Sumber:
    https://twitter.com/ariyfebri1
    https://twitter.com/AdellaWibawa

     



    (WAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id