[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Ditangkap Aparat, Harun Masiku Ditembak Mati? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 18 Juni 2021 15:20 WIB
    [Cek Fakta] Ditangkap Aparat, Harun Masiku Ditembak Mati? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah informasi buronan kasus suap terhadap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Harun Masiku tertangkap. Aparat menembak mati Harun Masiku di lokasi.

    Kanal youtube SKEMA POLITIK membagikan video ini pada 18 Juni 2021. Video berjudul "AKHIRNYA DITEMUKAN, APARAT LANGSUNG D00R DITEMPAT".

     



    Dalam halaman sampul video tersebut, terdapat narasi sebagai berikut. "Ditembak Mati Di Tempat Akhir Nyawa Harun Masiku Tak Tertolong".

    [Cek Fakta] Ditangkap Aparat, Harun Masiku Ditembak Mati? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Harun Masiku ditembak mati aparat adalah salah. Faktanya, tidakada informasi valid terkait hal tersebut.

    Dilansir suara.com, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ronald Paul membantah perihal isu tersebut yang menyebut bahwa Harun Masiku meninggal akibat ditembak mati.

    Pernyataan Ronald disampaikan dalam acara Aiman Kompas TV pada Senin 14 Juni 2021. Awalnya, Ronald ditanyai Aiman Witjaksono terkait penyidikan terhadap kasus Harun Masiku.

    “Apakah Anda pernah melakukan hal ini, ada salah satu atasan yang meminta kasus Harun Masiku pending dulu, tapi Anda tetap lanjut?” tanya Aiman. 

    Ronald Paul pun kemudian mengaku dirinya sempat menangani kasus itu. Akan tetapi, tiba-tiba kasus tersebut dialihkan ke orang lain. “Pernah saya jalani sampai perkara itu tidak diserahkan pada saya,” jawab Ronald.

    Ronald kemudian membeberkan beberapa alasan yang menghambat penyidikan kasus Harun Masiku. Aiman pun akhirnya menanyakan perihal isu yang beredar perihal Harun Masiku telah ditembak mati.

    “Saya pastikan kami sudah melakukan penggeledahan dan memanggil keluarga Beliau bahwa beliau belum meninggal,” tutur Ronald.

    [Cek Fakta] Ditangkap Aparat, Harun Masiku Ditembak Mati? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Harun Masiku ditembak mati aparat adalah salah. Faktanya, tidakada informasi valid terkait hal tersebut.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Ditangkap Aparat, Harun Masiku Ditembak Mati? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://riau.suara.com/berita/124141-benarkah-harun-masiku-ditembak-mati-ini-penjelasan-penyidik-kpk
    2.https://archive.fo/RuSOO


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id