Fakta atau Hoaks

    [Cek Fakta] Dikuasai PKI, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 03 Januari 2021 21:17 WIB
    [Cek Fakta] Dikuasai PKI, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp
    Beredar sebuah video dengan narasi masjid Istiqlal dikuasai Syiah dan PKI. Karenanya masjid tersebut meniadakan ibadah salat Jumat.

    Video dan narasi tersebut beredar melalui WhatsApp, baru-baru ini. Berikut narasi selengkapnya:

    "Mau jadi apa negeri yang mayoritas Muslim ini ya Allah..masjid Istiqlal Jakarta sudah dikuasai Syi'ah dan PKI... tidak diadakan lagi sholat Jum'at."


    [Cek Fakta] Dikuasai PKI, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran kami, klaim bahwa Masjid Istiqlal meniadakan salat Jumat karena dikuasai syiah dan PKI, adalah salah. Faktanya, Masjid Istiqlal tetap menggelar salat Jumat namun secara terbatas.

    Hal itu bisa dicek dari siaran langsung salat Jumat yang ditayangkan kanal Youtube Masjid Istiqlal TV pada Jumat 1 Januari 2021. Pada saat itu, khatibnya adalah Mulawarman Hannase dengan tema "Menjadi Mukmin Pembaharu Umat dan Bangsa".

    "Satu tahun ini kita lalui dengan penuh kesulitan. Mari kita terus berdoa dan berikhtiar. Semoga di tahun 2021 ini, yang baru saja kita songsong, Allah memberikan jalan keluar terhadap segala kesulitan yang kita hadapi, baik kesulitan dari aspek kesehatan maupun kesulitan dari aspek-aspek lainnya. Seperti ekonomi, pendidikan dan sosial," kata khatib Mulawarman dalam khotbahnya.



    [Cek Fakta] Dikuasai PKI, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat? Ini Faktanya


    Pada keterangan dalam siaran langsung itu, pelaksanaan salat Jumat di Istiqlal belum dibuka untuk umum. Selain itu, pelaksanaannya dilakukan sesuai protokol kesehatan.

    Pada Jumat 20 Maret 2020, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengumumkan penghentian sementara salat Jumat selama dua pekan. Penghentian itu dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

    "Kita ikuti saja sekarang apa yang sudah menjadi fatwa MUI dan arahan Presiden serta Gubernur DKI Jakarta untuk kita melaksanakan ibadah di rumah saja," kata Nasaruddin seperti dilansir Kompas.com, Jumat 20 Maret 2020.



    [Cek Fakta] Dikuasai PKI, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat? Ini Faktanya


    Namun hingga dua pekan berselang, pihak pengurus mengumumkan Masjid Istiqlal belum dapat digunakan masyarakat untuk salat Jumat. Kala itu, penutupan masjid kembali dilakukan hingga 19 April 2002.

    Pada Jumat 18 September 2020, pihak Masjid Istiqlal kembali memastikan pembatasan salat Jumat untuk umum. Pelaksanaan salat Jumat hanya untuk internal.

    "Untuk internal aja 20 (orang). Enggak sampai 40 (orang). Kami belum buka sejak PSBB pertama," kata Wakil Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah seperti dilansir CNNIndonesia.com, Jumat 18 September 2020.



    [Cek Fakta] Dikuasai PKI, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat? Ini Faktanya


    Pada 31 Desember 2020, Kompas.id menyampaikan sejumlah cerita dari para pewarta foto. Peristiwa "kosongnya" Masjid Istiqlal menjadi salah satu hal yang sangat membekas sepanjang 2020.

    "Masjid terbesar di Asia Tenggara ini seolah kehilangan roh-nya. Masjid yang selalu ramai oleh umat ini tiba-tiba sepi, kosong, dan lengang. Pada jam-jam ramai, seperti saat salat wajib, salat Jumat, maupun salat Idul Fitri dan Idul Adha tidak ada kerumuman orang yang khusyuk mengumandangkan dan memuji sang Pencipta. Yang terlihat hanya pekerja yang sedang merenovasi masjid," tulis Kompas.id dalam laporannya.


    Di sisi lain, Masjid Istiqlal direnovasi sejak Mei 2019.Mulanya, renovasi ditargetkan rampung sebelum Ramadan 2020 atau akhir April.

    Namun target itu meleset lantaran pandemi covid-19. Pada Juni 2020, progres renovasi mencapai 90 persen.

    "Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), pekerjaan interior dan signage. Total anggaran renovasi mencapai Rp475 miliar," tulis Medcom.id dalam laporannya 2 Juni 2020.



    [Cek Fakta] Dikuasai PKI, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat? Ini Faktanya


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa Masjid Istiqlal meniadakan salat Jumat karena dikuasai syiah dan PKI, adalah salah. Faktanya, Masjid Istiqlal tetap menggelar salat Jumat namun secara terbatas.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
     
    Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.


    [Cek Fakta] Dikuasai PKI, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.youtube.com/watch?v=5EXUMP1uWNk&t=2065s
    https://nasional.kompas.com/berita/10370181-tak-gelar-shalat-jumat-masjid-istiqlal-ikuti-imbauan-mui-dan-pemerintah
    https://nasional.kompas.com/berita/10544131-masjid-istiqlal-tak-gelar-shalat-jumat-tutup-hingga-19-april
    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200918112239-20-547997/tiada-salat-jumat-sejak-psbb-istiqlal-minta-umat-bersabar
    https://www.kompas.id/baca/foto/2020/12/31/ketika-kami-melihat-pandemi/
    https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/9K50yl0k-renovasi-masjid-istiqlal-rampung-juli-2020


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

     

    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id