[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Video Iring-Iringan Jokowi Pulang Kampung? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 08 Mei 2021 15:02 WIB
    [Cek Fakta] Video Iring-Iringan Jokowi Pulang Kampung? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah video iring-ringan rombongan kendaraan Presiden Joko Widodo yang dinarasikan dalam video tersebut sedang pulang kampung di tengah larangan mudik Lebaran. Video beredar di facebook.

    Akun facebook Joko Kovid membagikan video ini pada 8 Mei 2021. Dalam video tersebut si perekam mengatakan kendaraan plat B  RI 1 pulang kampung. Dalam unggahannya ia memberikan kutipan sebagai berikut.
     

    "*_Rakyat nya dlarang pulang kampung... diri nya pulang kampung . rezim yg selalu memberi contoh yg tdk baik_*????????"

    [Cek Fakta] Video Iring-Iringan Jokowi Pulang Kampung? Ini Faktanya

     



    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Presiden Joko Widodo pulang kampung adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah iring-iringan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Surabaya.

    Hal itu diketahui dari plat nomor kendaraan bertanda L dalam video tersebut. Plat L mencakup wilayah Kota Surabaya. 

    Dilansir liputan6.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis, 6 Mei kemarin. Presiden diagendakan menuju Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan (PPDI) Brondong yang terletak di Kabupaten Lamongan.

    Jokowi akan meninjau sarana dan prasarana fasilitas perikanan tersebut serta berdialog dengan perwakilan nelayan setempat.

    Di Lamongan, Jokowi juga direncanakan untuk meninjau pabrik pengolahan makanan laut yang menjalankan ekspor hasil olahan ke mancanegara.

    Dari Lamongan, Jokowi  bergerak menuju Kota Surabaya untuk mengunjungi fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya. Presiden diagendakan bertolak kembali menuju Jakarta pada Kamis sore harinya.

    [Cek Fakta] Video Iring-Iringan Jokowi Pulang Kampung? Ini Faktanya

    Dilansir medcom.id, Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memastikan ayahnya tidak mudik Lebaran 2021. Hal itu serupa pada Lebaran tahun lalu.
     
    "Enggak, (Bapak) enggak mudik tahun ini," katanya singkat.
     
    Gibran enggan menjelaskan alasan Presiden Jokowi tidak pulang kampung tahun ini. Diketahui, Presiden Jokowi juga tidak pulang kampung pada momen Lebaran tahun lalu.

    Sebelumnya, Presiden Jokowi selalu menyempatkan diri pulang kampung pada momen-momen tertentu setiap tahunnya. Antara lain mudik Lebaran, serta menjalankan tradisi Nyadran atau berziarah ke makam orang tua.

    [Cek Fakta] Video Iring-Iringan Jokowi Pulang Kampung? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Presiden Joko Widodo pulang kampung adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah iring-iringan Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Surabaya.

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
    [Cek Fakta] Video Iring-Iringan Jokowi Pulang Kampung? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://perma.cc/P4RK-F2KH
    2.https://m.medcom.id/nasional/daerah/4KZzG2gK-gibran-bapak-tidak-mudik-tahun-ini
    3.https://surabaya.liputan6.com/read/4551382/kunjungan-ke-jatim-ini-agenda-jokowi


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
     


    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id