[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Melawan Petugas, Polisi Tembak Munarman? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 28 April 2021 16:18 WIB
    [Cek Fakta] Melawan Petugas, Polisi Tembak Munarman? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Youtube



    Beredar sebuah video dengan narasi judul mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman ditembak polisi karena melawan saat ditangkap aparat. Video beredar di youtube.

    Kanal youtube SKEMA POLITIK membagikan video ini pada 28 April 2021. Video berjudul "SATU PERSATU DICYDVK, NASIB PETINGGI FP1 BERAKHIR BEGINI" telah ditonton 6 ribu orang.






    Dalam halaman sampul vidoe tersebut Munarman tampak dipapah petugas dengan kaki terpincang-pincang. Terdapat tulisan sebagai berikut. "Mengejutkan Nasib Petinggi FPI Berakhhir, Berusaha Melawan Petugas, Munarman Didoor di tempat"

    [Cek Fakta] Melawan Petugas, Polisi Tembak Munarman? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Munarman ditembak karena melawan petugas adalah salah. Faktanya, halaman sampul video tersebut hasil suntingan.

    Isi video berdurasi 10 menit 5 detik itu, tidak ada narasi atau informasi, aparat menembak Munarman. Video hanyan berisi kronologi penangkapan Munarman dan kasus yang menjeratnya.

    Adapun foto asli halaman sampul tersebut adalah tahanan Polresta Malang yang kabur. Fotonya dimuat dalam artikel berjudul "Ini Alasan Tahanan Polresta Malang Kota Nekat Kabur dari Penjara" yang dimuat di detik.com pada 10 Desember 2019.

    [Cek Fakta] Melawan Petugas, Polisi Tembak Munarman? Ini Faktanya

    Dilansir dari medcom.id, Munarman diciduk di kediamannya yang berlokasi di Perumahan Modern Hills, Cinangka, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Dalam video penangkapan Munarman terlihat emosional namun ia tetap tenang tanpa ada perlawanan. 
     
    Namun begitu, dalam rekaman terdengar Munarman melontarkan kalimat kalau penangkapannya tidak sesuai prosedur hukum.  Munarman ditangkap karena diduga menggerakkan orang lain dan bermufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme.
     
    Munarman saat ini ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Dia datang dengan mata tertutup kain hitam dan tangan diborgol.
     
    Munarman sampai di rutan sekitar pukul 19.30 WIB, Selasa, 27 April 2021. Dia turun dari mobil Toyota Innova warna putih dengan pengawalan ketat penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. 

    [Cek Fakta] Melawan Petugas, Polisi Tembak Munarman? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim Munarman ditembak karena melawan petugas adalah salah. Faktanya, halaman sampul video tersebut hasil suntingan.

    Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
    [Cek Fakta] Melawan Petugas, Polisi Tembak Munarman? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://www.medcom.id/nasional/hukum/0KvMpo4k-mata-tertutup-dan-tangan-diborgol-munarman-tiba-di-rutan-polda-metro
    2.https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/8N0jvwEk-meski-terlihat-emosi-munarman-tidak-melawan-saat-ditangkap
    3.https://archive.fo/MjSSh


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id