[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Teknologi Kendaraan Tercepat di Bumi Kini Ada di Indonesia? Ini Faktanya

    Whisnu Mardiansyah - 06 April 2021 11:36 WIB
    [Cek Fakta] Teknologi Kendaraan Tercepat di Bumi Kini Ada di Indonesia? Ini Faktanya
    Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook



    Beredar sebuah informasi yang menyebutkan teknologi kendaraan tercepat di bumi kini hadir di Indonesia. Informasi beredar di facebook.

    Akun facebook Jaguar Guar Ray membagikan informasi ini pada 28 Maret 2021. Dalam unggahannya ia menampilkan foto Presiden Joko Widodo tengah meninjau kereta kapsul bersama Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.






    [Cek Fakta] Teknologi Kendaraan Tercepat di Bumi Kini Ada di Indonesia? Ini Faktanya

    Penelusuran:
    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim teknologi kendaraan tercepat di bumi kini hadir di Indonesia adalah salah. Faktanya, kendaraan tersebut adalah teknologi hyperloop moda tranportasi masa depan yang baru diperkenalkan dan belum ada di Indonesia.

    Hyperloop sendiri adalah sistem transportasi yang menggunakan dasar berupa tabung vakum masa depan, yang memungkinkan pergerakan kereta dalam kecepatan amat tinggi.

    Dilansir dari liputan6.com, Sistem yang digagas Elon Musk pada 2013 itu pada dasarnya adalah sebuah tabung panjang bertekanan rendah sehingga nyaris seperti vakum (hampa udara). Di dalamnya, kapsul-kapsul pengangkut penumpang bergerak menggunakan levitasi magnetik.

    Karena nyaris tanpa gesekan udara maupun rel, maka Hyperloop menjadi efisien dalam penggunaan energi. Menurut Bibop, penggabungan dengan sistem solar panel malah memberikan pembangkitan daya listrik kembali kepada jejaring daya listrik yang memasok sistem Hyperloop.

    [Cek Fakta] Teknologi Kendaraan Tercepat di Bumi Kini Ada di Indonesia? Ini Faktanya

    Dilansir detik.com pada 2018, Hyperloop Transportation Technologies (HTT) mengumumkan bahwa pihaknya akan mulai membangun satu dari dua jalur uji cobanya di Prancis. 

    Direncanakannya pembangunan tersebut dikarenakan telah sampainya sejumlah tabung besar berdiameter 4 meter, yang akan digunakan sebagai trek dari moda transportasi Hyperloop, di pusat R&D mereka di Toulouse.

    Dijadwalkan, trek perdana akan selesai dan dapat diuji coba pada tahun ini, dengan tes pada jalur yang lebih panjang akan dimulai pada 2019 mendatang. Selain pembangunan trek, pihak HTT juga menyebutkan bahwa kendaraan hyperloop miliknya itu sendiri juga tengah dipersiapkan untuk dikirim dari tempat pembuatannya di Carbures, Spanyol, pada pertengahan tahun mendatang.

    Selain di Prancis, HTT juga sudah melakukan kesepakatan untuk melakukan uji coba di Amerika Serikat, Slowakia, Abu Dhabi, Republik Ceko, India, Brazil, dan Korea Selatan. Bahkan, HTT pun juga berniat untuk melakukan hal serupa di Indonesia.

    Tahun lalu, HTT telah menjalin kemitraan sejumlah wirausahawan lokal yaitu Dwi Putranto Sulaksano, founder Dwiyuna Jaya Foundation, dan Ron Mullers, founder Papa Ron's Pizza, untuk mendirikan PT Hyperloop Transtek Indonesia. Nilai kontraknya pun mencapai USD 2,5 juta.

    Proyek transportasi modern tersebut akan fokus di Ibu Kota Tanah Air, dengan rute Jakarta-Bandung (waktu tempuh 9 menit) dan Jakarta-Yogyakarta (waktu tempuh 25 menit) akan menjadi dua trayek perdana. Setelahnya, HTT berencana untuk menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera menggunakan hypeloop. Belum dipastikan kapan HTT akan membawa moda transportasi modern ini ke Indonesia.

    [Cek Fakta] Teknologi Kendaraan Tercepat di Bumi Kini Ada di Indonesia? Ini Faktanya

    Adapun foto Jokowi yang dicatut dalam informasi tersebut adalah momen saat peresmian Tol Semboja di Kalimantan Timur. Foto ditemukan dalam artikel berjudul "Pakai Sepatu Lokal NAH Project, Jokowi Resmikan Tol Samboja" Artikel dimuat di situs genpi.co pada 18 Desember 2019.

    [Cek Fakta] Teknologi Kendaraan Tercepat di Bumi Kini Ada di Indonesia? Ini Faktanya

    Kesimpulan:
    Klaim teknologi kendaraan tercepat di bumi kini hadir di Indonesia adalah salah. Faktanya, kendaraan tersebut adalah teknologi hyperloop moda tranportasi masa depan yang baru diperkenalkan dan belum ada di Indonesia.

    Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
    [Cek Fakta] Teknologi Kendaraan Tercepat di Bumi Kini Ada di Indonesia? Ini Faktanya
    Referensi:
    1.https://inet.detik.com/cyberlife/d-3970474/mulai-digarap-di-prancis-hyperloop-ini-juga-akan-sambangi-jakarta
    2.https://www.liputan6.com/global/read/2882935/mengintip-hyperloop-dubai-dan-inggris-seperti-di-indonesia
    3.https://www.genpi.co/gaya-hidup/29720/pakai-sepatu-lokal-nah-project-jokowi-resmikan-tol-samboja


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id