[Fakta atau Hoaks]

    [Cek Fakta] Beredar Foto Helikopter Milik Pribadi Ketua KPK? Ini Faktanya

    M Rodhi Aulia - 05 Agustus 2020 06:56 WIB
    [Cek Fakta] Beredar Foto Helikopter Milik Pribadi Ketua KPK? Ini Faktanya
    Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
    Beredar foto memperlihatkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sedang berada di dalam helikopter. Foto itu beredar di media sosial.

    Adalah akun facebook PN yang mengunggah foto tersebut, Selasa 4 Agustus 2020. Akun itu membuat narasi bahwa helikopter itu milik pribadi Ketua KPK.

    Berikut narasi selengkapnya:


    "HELIKOPTER  MILIK  PRIBADI
    Saya  pendukung  militan  Jokowi,  bukan  berarti  berdiam  terhadap  KORUPTOR."


    Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 39 emotikon dan 93 komentar.


    [Cek Fakta] Beredar Foto Helikopter Milik Pribadi Ketua KPK? Ini Faktanya


    Penelusuran:
    Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa foto itu memperlihatkan helikopter milik pribadi Ketua KPK Firli Bahuri, tidak berdasar. Faktanya, helikopter tersebut bukan milik pribadi Ketua KPK.

    Dilansir Liputan6.com, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menegaskan helikopter itu merupakan sewaan. Koleganya menyewa helikopter demi efisiensi waktu.


    "Ya disampaikan saja, kemarin itu memang yang bersangkutan cuti ke Baturaja, kabarnya kan yang bersangkutan naik helikopter, dan itu memang bayar, karena kan pertimbangannya dari Palembang ke kampung dia kalau naik mobil berapa itu 7 jam atau berapa," kata Alexander seperti dilansir Liputan6.com, Jumat 26 Juni 2020.



    [Cek Fakta] Beredar Foto Helikopter Milik Pribadi Ketua KPK? Ini Faktanya



    Meski demikian, Dewan Pengawas KPK segera menyidang Firli Bahuri. Pasalnya Firli diduga melanggar kode etik terkait penggunaan helikopter tersebut.


    "Jadi Bapak Ibu percayalah kami akan sidangkan semaksimal, seobjektif mungkin dalam sidang itu, tapi dilaksanakan tertutup," kata anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK Angelina Ho seperti dilansir Medcom.id, Selasa 4 Agustus 2020.



    [Cek Fakta] Beredar Foto Helikopter Milik Pribadi Ketua KPK? Ini Faktanya


    Seperti diketahui, Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan Firli ke Dewas KPK terkait penggunaan helikopter mewah untuk perjalanan dari Palembang ke Baturaja, Sumatra Selatan, Sabtu, 20 Juni 2020. Perjalanan Firli ke Baturaja untuk ziarah ke makam orang tua.
     
    Koordinator MAKI sekaligus pelapor Boyamin Saiman mengatakan Firli naik helikopter jenis Helimousine President Air yang pernah digunakan motivator Tung Desem Waringin. Helikopter tersebut milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO.
     
    Boyamin mengeklaim jarak tempuh dari Palembang ke Baturaja hanya membutuhkan waktu empat jam dengan mobil. Penggunaan helikopter dinilai bertentangan dengan kode etik pimpinan KPK.


    Kesimpulan:
    Klaim bahwa foto itu memperlihatkan helikopter milik pribadi Ketua KPK Firli Bahuri, tidak berdasar. Faktanya, helikopter tersebut bukan milik pribadi Ketua KPK.

    Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.


    [Cek Fakta] Beredar Foto Helikopter Milik Pribadi Ketua KPK? Ini Faktanya


    Referensi:
    https://www.liputan6.com/news/read/4289431/alexander-marwata-sebut-helikopter-yang-ditumpangi-ketua-kpk-firli-bahuri-sewaan
    https://www.medcom.id/nasional/hukum/ybJGgWnk-dewas-kpk-segera-menyidang-firli-bahuri


    *Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id




    (DHI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id